BERITABETA.COM, Ambon - Rombongan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Maluku telah tiba dengan selamat di Arab Saudi sekira pukul 16.00 Waktu Saudi Arabia atau Pukul 20.00 WIB atau pukul 21.00 WIT Sabtu malam, (25/06/2022).

Calhaj Maluku terbagi pada dua kelompok terbang atau kloter. Yaitu Kloter 9 berjumlah 496 orang, dan Kloter 10 sebanyak 393 orang [gabungan Provinsi Maluku dan Sulawessi Selatan].

Mereka dilepas oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin melepas JCH Kloter 9 di aula Mina Embarkasi Haji Makassar Provinsi Sulawesi Selatan menuju Jeddah, Saudi Arabia, ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih Kepada Kloter 9 Sirajudin Mahubessy.

Kemudian JCH Kloter 10 dilepas oleh Kepala Bidang Penyelenggara haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, Ikbal Ismail, kepada ketua kloter 10 Syamsudin.

Keberangkatan JCH Maluku Kloter 9 menuju Bandar King Abdul Aziz di Jeddah Saudi Arabia. Mereka terbang dengan Maskapai Garuda Indonesia Airlines.

Kloter 9 dipimpin oleh Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Sirajudin Mahubessy diberangkatkan pada pukul 08.20 WITA, dan Kloter 10 gabungan Ma,uku dan Sulawesi Selatan dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, M Hanafi Rumatiga.

Kloter 9 berangkat pada pukul 08.20 WITA. Sedangkan Kloter 10 berangkat pada pukul 14.00 WITA atau pukul 15.00 WIT.

Kakanwil Kemenag Maluku Yamin menitipkan pesan kepada para petugas Kloter agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada ratusan JCH Maluku.

“Jaga nama baik bangsa dan selalu kompak. Semoga jamaah Maluku selalu dalam kondisi sehat walafiat, dan mampu melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik dan mampu menggapai haji mabrur," ucap Yamin saat dihubungi Beritabeta.com melalui telepon seluler Sabtu malam, (25/06/2022).

Ia mengaku seluruh calhaj Maluku saat berangkat dari Bandara Hasanuddin Makassar hingga tiba di Saudi Arabia dalam kondisi sehat. “Alhamdulillah JCH Maluku sudah tiba dengan selamat di Arab Saudi. Semuanya dalam kondisi sehat walafiat,” ungkapnya.