BERITABETA.COM, Ambon — Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Dominggus N. Kaya meminta kepada Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Ambon agar senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Dominggus mengungkapkan, dalam pelaksanaan ibadah haji membutuhkan fisik yang prima, sehingga dia mengingatkan untuk memperhatikan pola hidup bersih dan sehat, makan dan minum secara teratur, serta beristirahat yang cukup agar setiap rangkaian ibadah dapat diikuti dengan baik.

"Perhatikan pola hidup bersih dan sehat, makan minum teratur, serta istirahat yang cukup agar setiap rangkaian ibadah dapat diikuti dengan baik," ingat Dominggus N. Kaya saat melepas 322 JCH di Gedung Asari, Alfatah Ambon, Selasa (28/5/2024).

Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Maluku ini juga meminta agar JCH Kota Ambon dapat menjadi panutan dan teladan selama menjalankan ibadah, baik ketika masih di Indonesia maupun saat telah berada di Tanah Suci.

"JCH asal kota Ambon agar menjadi panutan dan teladan diantara sesama jemaah dengan senantiasa menguataman Ukhuwah Islamiyah, dan mempererat tali persaudaraan. 'Lain sayang lain, lain lia lain dan lain kalesang lain, dengan disiplin dan patuh terhadap aturan serta bimbingan dari para petugas dan pendamping haji," pintanya.

Dia menjelaskan, pelaksanaan ibadah haji telah menjadi kewajiban Pemerintah secara berjenjang guna memastikan penyelenggaraannya berjalan baik.

Ia membeberkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI Kota Ambon telah turut berpartisipasi memberikan dukungan dalam bentuk pelayanan kesehatan, manasik haji, fasilitasi pemberangkatan - kepulangan, pendampingan proses embarkasi - debarkasi, serta pemberian tambahan uang saku kepada masing-masing JCH sebesar Rp 1.000.000,-/ orang.

"Kami juga mengikutsertakan 2 (dua) orang pendamping, yang akan siap mendampingi dan melayani JCH langsung ke Tanah Suci hingga kembali ke tanah air," bebernya.

Kaya berujar, dengan fasilitasi dan dukungan yang diberikan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas ibadah Haji.

Untuk itu, dia berharap agar semua yang diberikan tidak dinilai dari jumlahnya, namun sebagai bentuk kepedulian dari Pemkot kepada JCH yang akan segera diberangkatkan ke Tanah Suci. (*)

Editor : Redaksi