BERITABETA.COM - Pohon pepaya dipercaya sebagai salah satu tumbuhan yang semua bagiannya seperti manfaat bagi manusia, temasuk bunga papaya. Walaupun belum banyak yang tahu, ternyata banyak manfaat bunga pepaya untuk kesehatan, khususnya bagi wanita.

Bunga pepaya kaya akan vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Selain itu, bunga papaya juga memiliki sifat antioksidan dan folat, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah papaya antara lain, vitamin A, Vitamin E dan Vitamin C. Sama seperti buahnya, bunga papaya juga sumber serat makanan yang baik untuk tubuh. Journal of Nutrition and Metabloism menjelaskan serat memiliki kontribusi terhadap keseimbangan energi.

Konsumsi bunga pepaya yang sudah diolah menjadi sayur dapat membantu menurunkan kadar insulin dalam tubuh. Manfaat bunga pepaya sangat baik untuk seseorang yang memiliki masalah dengan gula darah atau penderita diabetes.

Ekstrak dari bunga pepaya yang dicampur madu dapat digunakan untuk mengatasi masalah pernafasan seperti batuk dan suara serak di tenggorokan.

Selain itu, bunga prepaya juga mengandung berbagai jenis senyawa vital yang bermanfaat bagi tubuh antara lain menurunkan kolesterol, memeriksa tekanan darah dan mencegah stroke. Berikut manfaat bunga pepaya untuk kesehatan.

Bunga Pepaya

1. Melancarkan Pencernaan

Bunga pepaya kaya akan tanin, yaitu enzim yang memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Jika Moms memiliki masalah kesulitan mencerna makanan atau menderita sembelit akut, maka bunga pepaya adalah yang makanan yang terbaik. Selain itu, bunga pepaya juga sangat ramah terhadap liver.

Perlu diingat, bunga pepaya hanya dapat dikonsumsi dalam keadaan sudah dimasak atau matang. Jangan pernah konsumsi bunga pepaya dalam mentah karena bersifat racun dan dapat membahayakan kesehatan Moms.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat bunga pepaya yang lain adalah menambah nafsu makan. Jika anak Moms sulit untuk makan, bisa mencoba untuk menambahkan bunga pepaya di makanan mereka agar nafsu makannya meningkat.

Bunga pepaya sangat meningkatkan nafsu makan. Cara ini sudah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia dan merupakan pengobatan kuno untuk meningkatkan nafsu makan.

Makan bunga pepaya matang sebagai hal pertama di pagi hari dan kemudian rasa lapar akan segera datang.

3. Menurunkan Berat Badan

Bunga pepaya membantu menurunkan berat badan. Bunga pepaya memiliki semua Vitamin penting seperti Vitamin A, Vitamin B dan Vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan dan membantu menurunkan berat badan lebih cepat.