BERITABETA.COM – Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Kondisi ini terjadi karena, gangguan cincin otot yang disebut sfingter esofagus bagian bawah (LES) tidak tertutup sepenuhnya. Jika LES terlalu sering terbuka, asam yang diproduksi oleh lambung untuk membantu proses pencernaan dapat naik ke kerongkongan, dan menimbulkan gejala yang telah disebutkan.

Lalu apa penyebabnya?

Salah satu penyebab umum gangguan asam lambung adalah kelainan lambung yang disebut Hernia Hiatus. Hal ini terjadi ketika bagian atas perut dan LES bergerak di atas diafragma, otot yang memisahkan perut dari dada.

Biasanya, diafragma membantu menjaga asam di dalam perut. Akan tetapi, jika seseorang memiliki hernia hiatus, asam dapat naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala gangguan asam lambung.

Gejala penyakit asam lambung muncul minimal dua kali dalam seminggu. Gejala penyakit pada lambung ini sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner, karena gejalanya yang hampir mirip dengan nyeri dada.

Asam lambung tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal salah satunya stres.

Kadar asam lambung naik dipicu oleh sejumlah faktor seperti stres, konsumsi makanan pedas, dan makanan yang mengandung lemak tinggi. Setiap orang pasti merasa tidak nyaman saat kadar asam lambung naik.

Maklum saja, penderita akan mengalami sejumlah gejala seperti, mulut terasa asam, kembung, mual, dada seperti terbakar, dan rasa nyeri di ulu hati.

Walaupun bisa menyerang siapa saja, Anda bisa meminimalisasi risiko naiknya asam lambung dengan cara menjalankan pola hidup sehat. Namun, untuk Anda yang sudah menderita asam lambung bisa mengonsumsi obat untuk meredakannya.

Asal tahu saja, obat asam lambung cukup banyak dijual di apotek dan toko ritel modern. Opsi lainnya, Anda bisa mengonsumsi obat herbal untuk menetralkan kadar asam lambung.

Cukup banyak obat herbal yang berkhasiat sebagai obat asam lambung. Bahan alami untuk efektif menurunkan asam lambung tinggi. Belakangan obat herbal tengah jadi idola masyarakat.

Mereka lebih senang mengonsumsi obat herbal karena dipercaya lebih aman dan minim efek samping. Selain itu, obat herbal juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita.

Berikut obat herbal atau bahan-bahan alami yang dipercaya ampuh meredakan asam lambung.

1. Air kelapa

Melansir dari Kompas.com, air kelapa baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Sebab, air kelapa mengandung kalium yang berperan untuk menjaga keseimbangan PH dalam tubuh serta mengontrol kadar asam lambung dan mengurangi risiko refluks lambung.