BERITABETA.COM – Tampil glowing dengan wajah yang cerah menjadi impian banyak orang. Apalagi bagi wanita memiliki wajah yang putih adalah impian.

Tapi warna alami kulit wajah berkaitan dengan genetik. Orang yang secara genetik berkulit gelap atau sawo matang seperti kebanyakan orang Indonesia tidak akan bisa memiliki wajah seputih orang Barat ataupun Korea.

Karena itu, cara mencerahkan wajah secara alami yang dibahas dalam artikel ini tidak secara spesifik mengacu pada warna putih, melainkan lebih ke bagaimana memiliki wajah yang bersih, cerah, dan sehat.

Bahan Alami untuk Mencerahkan Wajah

Ada banyak jenis tumbuhan herba, buah, juga sayuran dengan kandungan yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah dan bisa diperoleh dengan mudah. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Tomat

Tomat mengandung likopen yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan membantu mengurangi warna gelap akibat sinar matahari dengan cepat.

2. Lemon

Lemon mengandung banyak vitamin C yang terbukti efektif mengurangi flek dan noda hitam di wajah.

3. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang kuat sebagai antioksidan dan anti-peradangan. Kurkumin bisa menyingkirkan radikal bebas berbahaya yang bisa merusak kulit. Kurkumin juga dapat meningkatkan produksi kolagen serta menjaga kulit tetap elastis dan cerah.

4. Pepaya

Buah tropis ini mengandung enzim yang berfungsi sebagai eksfoliator ringan yang dapat dengan lembut mengelupas bagian atas lapisan sel kulit mati di wajah sehingga kulit terlihat lebih bersinar.

5. Madu

Madu adalah pelembap alami yang bisa membuat kulit tetap terhidrasi. Madu juga bisa menyamarkan noda hitam di kulit.

6. Bunga mawar

Rendaman bunga mawar bisa membuat kulit lebih kencang dan meredakan iritasi kulit sekaligus menjaga kelembapan kulit wajah.

7. Tepung besan

Tepung besan atau (gram flour) adalah bahan pengelupas sel kulit mati yang efektif dan tak menimbulkan efek iritasi atau luka. Dengan regenerasi sel baru, kulit akan tampak lebih cerah.

8. Air kelapa muda

Air kelapa muda memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang bermanfaat sebagai pencerah wajah.

9. Minyak kelapa

Untuk kulit kusam, minyak kelapa bisa mengunci kelembapan kulit dan menutrisinya dengan asam lemak esensial.

10. Lidah buaya

Gel lidah buaya mampu memelihara kesehatan dan menyembuhkan kulit yang luka sehingga membuat kulit tampak lebih muda dan cerah secara alami.

11. Mentimun

Mentimun dapat membuat kulit lebih segar dan cerah bersinar dengan kandungan antioksidannya.

12. Minyak zaitun

Flavonoid dan polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun bisa melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit. Minyak zaitun juga merupakan pelembap alami yang sangat baik bagi kulit.