BERITABABETA.COM - Selama ini daun kelor hanya dikenal sebagai pangan berupa sayuran. Padahal, manfaat daun kelor cukup banyak karena merupakan  tanaman obat.

Banyak khasiat kesehatan yang bisa diperoleh dari daun kelor. Hasil studi menunjukkan bahwa daun kelor dapat mencegah berbagai penyakit karena mengandung banyak nutrisi yang sangat penting.

Daun kelor mengandung semua unsur asam amino essensial yang sangat penting, yakni unsur argine, histidine, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylalinine, threonine, tryptophan, dan valine.

Selain itu, daun kelor juga mengandung protein, lemak, beta carotene (vitamin A), thiamin (vitamin B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Daun kelor segar akan semakin baik dikonsumsi setelah dikeringkan dan dihaluskan karena semua nutrisi yang dikandungnya akan mengalami peningkatan kecuali vitamin C.

Yang terbaru, daun kelor juga ternyata bermanfaat untuk perawatan kulit. Salah khasiatnya sebagai pembersih wajah dari flek hitam dan jerawat. Bahkan disebut lebih ampuh  1000 kali dari skincare.  

Peran daun kelor untuk membersihkan wajah terdiri dari tiga fungsi.

1. Mengecilkan pori-pori wajah

Pori-pori yang membesar akibat pengaruh paparan sinar matahari dan bekas jerawat ini bisa diatasi dengan daun kelor. Untuk mendapatkan wajah yang bersih, gunakan masker daun kelor untuk mengecilkan pori-pori sehingga enggak menjadi tempat penumpukan kotoran dan komedo.

2. Mencerahkan kulit

Rajin menggunakan masker daun kelor dapat membuat kulit tampak cerah alami. Masker daun kelor ini membantu mencerahkan juga mengikis bintik-bintik hitam dan bekas jerawat.

3. Melembabkan bibir

Kita bisa menggunakan minyak daun kelor atau daun kelor sebagai eksfoliator yang dapat membuat bibir menjadi halus dan lembab alami.

Selain untuk wajah, terdapat 7 manfaat daun kelor untuk kesehatan lainnya:

1. Mencegah diabetes

Menurut penelitian, daun kelor dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi komplikasi terkait penyakit diabetes.

Berdasarkan hasil uji klinis pada tahun 2016, daun kelor disebut mampu meningkatkan produksi insulin sehingga dapat membantu mencegah diabetes.

Dalam penelitian tersebut, 4 gram daun kelor terbukti bisa meningkatkan sirkulasi insulin dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Menurut uji klinis kecil lain yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients pada tahun 2018, daun kelor juga dapat menurunkan lonjakan gula darah pasca-makan pada pengidap diabetes.

Penelitian itu menunjukkan bahwa daun kelor membuat lonjakan glukosa pasca-makan menjadi lebih stabil hingga 40 mg/dL serta mempersingkat waktu puncak lonjakan gula darah hingga sekitar 20 menit.