Tanaman Binahong
Tanaman Binahong

BERITABETA.COM – Binahong atau Anredera cordifolia (Ten.) Steenis merupakan tanaman menjalar yang berumur panjang dan panjangnya bisa mencapai 5 meter.

Tanaman ini pun memiliki sinonim dan sebutan lain, diantaranya Boussingaultia cordifolia (Ten), Boussingaultia gracilis Miers, madeira vine (Inggris), dheng san chi (Cina) serta gondola (Indonesia).

Tanaman binahong  dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan atau obatan herbal. Binahong sudah biasa dipakai untuk berbagai macam obat tradisional di masyarakat sejak zaman dulu bahkan hingga sekarang meskipun sudah ada obat-obat yang lebih modern.

Di tahun 2019 silam,  Prof. Elin Yulinah, Guru Besar di Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) mengakui,  binahong memang memiliki khasiat yang sangat beragam dalam mengatasi beragam penyakit.

Hal itu telah dibuktikan melalui beberapa kali ujicoba di Laboratorium Farmakologi-Toksikologi, Sekolah Farmasi ITB.

“Kita sudah melakukan lebih dari 13 kali pengujian untuk tanaman binahong,” ujarnya di Labtek VII.

Selain kaya akan khasiat, tanaman merambat ini juga banyak tumbuh di Indonesia. Bagi yang sudah tahu akan manfaat binahong, biasanya ditanam di pekarangan rumah untuk dijadikan obat herbal karena mengandung anti oksidan yang tinggi.

Dijelaskan Prof. Elin, cara pengaplikasian yang paling baik dari tanaman binahong ialah dari konsentratnya. Sementara secara tradisional juga bisa dilakukan yaitu dengan merebus tanaman tersebut dan air rebusannya bisa diminum langsung.

“Ada juga yang memakan daunnya beberapa helai secara langsung,” ujarnya.

Salah satu manfaat daun binahong yang tidak bisa dipandang sebelah mata adalah kemampuannya dalam mengatasi luka bakar hingga penyakit ginjal kronis.

Berikut ragam manfaat daun binahong bagi pengobatan dan kesehatan :

1. Mencegah Penyakit Jantung

Rupanya, mengonsumsi daun binahong bisa menjadi cara untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan saponin dalam daun binahong dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Caranya cukup dengan menyeduh daun binahong seperti membuat teh. Tambahkan gula atau madu sehingga rasanya jadi lebih manis. Resep ini dapat dikonsumsi dua kali sehari.

2. Mengobati Luka Bakar

Kita tahu bahwa luka bakar harus mendapatkan penanganan yang cepat. Dari penelitian yang dirilis pada tahun 2017 lalu, terbukti bahwa salep yang mengandung 5% ekstrak daun binahong mampu mengobati luka bakar dengan cepat.

Kunci dari proses penyembuhan luka bakar adalah pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit. Ketika ekstrak daun binahong digunakan, terlihat bahwa luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik ketimbang tidak menggunakan daun binahong.

3. Mengobati Maag

Jika Anda memiliki penyakit maag akut yang kerap kambuh saat jadwal makan berantakan, maka daun binahong bisa jadi sahabat bagi pencernaan Anda. mengonsumsi daun binahong dapat mengendalikan asam lambung agar tetap terkendali dan tidak naik yang menyebabkan maag kambuh.

4. Mengobati Asam Urat

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah mengobati asam urat. Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh.

Purin adalah senyawa organik dalam DNA tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat. Jadi, apabila Anda merasa telah makan hidangan seperti jeroan, daging merah, hingga kacang-kacangan dengan porsi berlebihan, ada baiknya mengimbangi dengan minum air rebusan daun binahong.

5. Mencegah Kanker

Kanker menjadi mimpi buruk banyak orang. Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan sel yang tidak normal dalam tubuh. Tapi kabar baiknya, manfaat daun binahong selanjutnya dapat mencegah terjadinya kanker.

Kandungan antioksidan dalam daun binahong terbukti efektif mencegah kanker. Anda bisa mengonsumsinya dengan merebus daun binahong dan meminum airnya 3 kali sehari.

6. Mencegah Diabetes

Kadar gula tinggi dalam tubuh dapat memicu diabetes. Jika Anda ingin mengendalikannya, selain mengatur pola makan, manfaat daun binahong juga bisa jadi pilihan.

Daun binahong dapat mengontrol kadar gula tubuh seseorang. Caranya sama seperti sebelumnya, yaitu dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

7. Memulihkan Stamina

Lelah setelah seharian lembur bekerja? Air rebusan daun binahong dapat mengembalikan stamina tubuh yang kelelahan. Anda cukup merebus 1 daun binahong dengan 2 gelas air hingga mendidih dan mengonsumsinya secara berkala.

Bahkan, air rebusan daun binahong juga dapat meningkatkan vitalitas pria jika dikonsumsi dalam dosis yang lebih banyak. Tapi tentu saja, pastikan tidak ada reaksi negatif dari tubuh sebelum mencobanya.

8. Mengatasi Anemia

Anemia bisa terjadi ketika tekanan darah seseorang berada di bawah normal. Perlu asupan zat besi untuk mengimbanginya. Nah, daun binahong mengandung zat besi yang dibutuhkan sel darah merah agar seseorang tidak lagi merasakan anemia.

Efek Samping Daun Binahong

Meski memiliki memiliki segudang khasiat, namun  tidak semua orang cocok dengan pengobatan alami dengan rempah-rempah atau dedaunan seperti daun binahong.

Perlu diingat bahwa mengonsumsi air rebusan atau ekstrak daun binahong secara berlebihan hanya akan mendatangkan efek samping bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Memicu terjadinya stroke dan hipertensi
  2. Dilarang dikonsumsi bersama zat stimulan seperti teh dan kopi
  3. Tidak untuk dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui
  4. Penderita nyeri dada sebaiknya tidak mengonsumsi binahong

Kandungan efedrin dalam daun binahong sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan zat yang ada dalam teh dan kopi. Pasalnya, konsumsi bersamaan tersebut dikhawatirkan bisa memicu pusing, gelisah, mual, muntah, insomnia, dan jantung berdebar.

Untuk itu, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi air rebusan daun binahong. Atau coba dalam porsi kecil dan lihat reaksinya pada tubuh. Jika sudah dirasa cocok dan efektif mengatasi keluhan medis Anda, maka manfaat daun binahong bisa Anda rasakan (BB-DIP)