BERITABETA.COM, Bula — Puluhan rumah warga di Negeri Danama, Kecamatan Tutuk Tolu, Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] dihantam gelombang pasang, Sabtu sore (16/7/2022).

Salah satu warga setempat, Yukuba Rumodar kepada beritabeta.com mengungkapkan, akibat gelombang yang terjadi sejak pukul 15.00 WIT itu mengakibatkan 9 rumah warga yang berada di tepi pantai mengalami rusak berat.

"Ada sekitar 20 rumah dihantam gelombang, yang rusak parah 9 rumah," ungkap Yakuba Rumodar.

Yakuba membeberkan, kondisi ini sudah beberapa kali terjadi meski dihalau bangunan talud, namun gelombang pasang yang terjadi hari ini dikategorikan lebih dasyat dari sebelum-sebelumnya.

"Gelombang tinggi sudah tiga kali terjadi, tapi kali ini paling parah," bebernya.

Ketua Pemuda Negeri Danama ini mengaku, ada sejumlah perabut rumah milik warga yang terkena danpak ikut rusak dan hanyut terbawa arus gelombang.

Dia juga berujar, saat ini warga yang bermukim di dekat pantai bersiaga. Pasalnya kondisi gelombang masih terus menghantam rumah-rumah warga.

"Sebagaian barang milik warga sudah dievakuasi, sebagian juga terbawa arus. Saat ini masyarakat masih siaga, karena gelombang masih terus menghantam rumah warga," akuinya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi