BERITABETA. COM, Bula - Bencana alam akibat gelombang pasang dan banjir rob mengakibatkan sebanyak 151 kepala keluarga [KK] pada dua desa di Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] dilaporkan mengungsi ke sejumlah tempat.

Bencana alam akibat cuaca ekstrem ini juga menimbulkan kerugian dengan rusaknya sebanyak 66 unit rumah di tiga desa.   

Informasi yang dihimpun beritabeta.com dari humas Polres SBT menyebutkan, terdapat tiga desa yang terdampak bencana cukup parah. Ketiga desa itu masing-masing, Desa Sesar, Desa Hote Kecamatan Bula Barat dan Desa Keffing Kellu Kecamatan Seram Timur.

"Bencana ini terjadi akibat cuaca ekstrem yang menimbulkan gelombang pasang setinggi 4- 6 meter dan banjir rob merendam tiga desa itu," tulis laporan singkat humas Polres SBT, Selasa malam (22/2/2022).  

Dari laporan tersebut disebutkan, lokasi paling parah terkena dampak gelombang pasang adalah Desa Sasar, Kecamatan Bula Barat.

Di desa ini sebanyak 8 unit rumah rusak berat, 50 unit rumah lainnya mengalami rusak ringan. Selain pemukiman warga, 1 unit Kantor Polairud yang letaknya dekat lokasi pelabuhan kapal juga dilaporkan rusak berat.

"Terdata sebanyaik 120 KK warga Sesar telah mengungsi di lokasi ketinggian menyusul, kondisi cuaca belum menentu," tulis mereka.

 

Aparat TNI-Polri dibantu warga mengevakuasi harta benda milik warga Desa Sesar pasca banjir rob dan gelombang pasang menerjang desa tersebut, Selasa (22/2/2022) (Foto : Humas Polres SBT)

Sementara di Desa Hote Kecamatan  Bula Barat, dilaporkan jumlah unit rumah warga yang mengalami kerusakan akibat bencana itu sebanyak 8 unit. 5 unit rumah rusak berat dan 3 unit lainnya mengalami rusak ringan. Sebanyak 31 KK warga Hote juga mengungsi di tempat ketinggian. 

Sedangkan di Desa Keffing Kellu Kecamatan Seram Timur, bencana air gelombang pasang dan banjir rob juga ikut merusak 2 unit rumah warga.

Wartawan beritabeta.com melaporkan, menyikapi kondisi ini Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas didampingi Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur, Penjabat Sekretaris Daerah [Sekda] SBT Jafar Kwairumaratu, Plt Ketua Baznas SBT Sidik Rumalowak, Kepala BPBD SBT Usman Keliobas dan Plt Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis langsung meninjau masyarakat di Posko pengungsian Negeri Hote.