BERITABETA.COM – Apa yang terlintas di kapala ketika cengkeh atau cengkih disebut? Tentunya yang terlintas adalah bumbu dapur dan bahan baku rokok kretek.

Selain bumbu dapur, cengkeh juga lekat dengan salah satu bahan untuk rokok kretek. Namun ada manfaat lain dari cengkeh, yaitu sebagai suplemen bagi kesehatan badan. Guna mendapat manfaat cengkeh, Anda bisa mengolahnya menjadi air rebusan.

Dalam beberapa tradisi kuliner dan obat herbal, rempah-rempah cengkeh digunakan sebagai bumbu rendaman untuk panggangan, menambah rasa pada minuman hangat dan aroma kue.

Cengkeh diambil dari kuncup bunga kering beraroma, keluarga pohon Myrtace ini mengandung beragam nutrisi. Dikutip dari situs 99.co, setiap satu sendok teh cengkeh atau setara dua gram memiliki kandungan energi 21 kalori, satu gram karbohidrat dan satu gram serat.

Selain itu, satu sendok teh cengkeh juga mampu memenuhi kebutuhan 300% mangan, 4% vitamin K dan 3% vitamin C yang dibutuhkan setiap hari. Dalam sekuncup cengkeh juga terkandung kalsium, magnesium, dan Vitamin E, meskipun secara jumlah tidak banyak.

Simak Manfaat Air Rebusan Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

1. Penguat Tulang Dalam

Cengkeh terdapat ekstrak hidrokarbon yang termasuk senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya. Di mana, turunan ekstrak hidrokarbon seperti flavon, isoflavon, dan flavonoid.

Mengulas Kandungan Cengkeh yang Bermanfaat untuk Kesehatan 25 Macam Rempah dan Manfaatnya bagi Kesehatan Rangkaian ekstrak ini sangat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan mineral tulang, sehingga bisa menguatkan tulang penderita osteoporosis.

2. Penawar Sakit Maag

Sebuah penelitian menemukan, kandungan minyak cengkeh berkhasiat bagi produksi lendir lambung. Kegunaan cengkeh ini bisa berfungsi sebagai penghalang efek asam lambung, sekaligus mencegah erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

3. Memperkuat Proteksi Diri dari Kanker

Air Rebusan Cengkeh juga diperkaya antioksidan eugenol. Air rebusan ini bermanfaat melawan radikal bebal dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker. Selain itu, vitamin C pada rebusan cengkeh bisa menjadi antioksidan yang membantu menetralisir lebih baik, dibandingkan vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.