Kayu Manis

BERITABETA.COM - Kayu manis adalah rempah-rempah yang sangat lezat. Kayu manis sangat dihargai karena sifat obatnya selama ribuan tahun.

Kayu manis biasanya digunakan sebagai rempah dalam masakan atau membuat kue. Namun, batang kayu manis bisa direbus atau diseduh dengan air mendidih dan diminum.

Air rebusan kayu manis penuh dengan senyawa bermanfaat yang bisa menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Bubuk kayu manis umumnya diberikan pada dosis 1 sampai 1,5 gram/ hari dalam studi diabetes, dan menurut laporan tidak ada efek samping yang muncul. Namun, sampai saat ini belum ada dosis yang pasti ketika menggunakan herbal ini.

Berikut khasiat minum air rebusan kayu manis untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Mencegah Diabetes

Khasiat kayu manis yang sudah dikenal banyak orang adalah bisa menurunkan gula darah.  Kayu manis bisa menurunkan gula darah dengan beberapa mekanisme. Pertama dengan mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah setelah mengonsumsinya.

Hal ini dilakukan dengan mengganggu sejumlah enzim pencernaan, sehingga karbohidrat dapat diurai dengan lebih lambat di saluran pencernaan. Kedua, senyawa dalam kayu manis juga bisa bekerja pada sel dengan meniru insulin.

Hal ini bisa meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh, meskipun tidak secepat insulin itu sendiri. Sejumlah penelitian yang sudah dilakukan pada manusia juga sudah mengonfirmasi efek anti-diabetes dari kayu manis.

Dengan menunjukkan hasil kadar gula darah puasa bisa turun sebesar 10-29 persen dengan mengonsumsi kayu manis.

2. Kaya akan Antioksidan

Kayu manis mempunyai kandungan bermanfaat seperti zat anti-oksidan yang cukup tinggi. Zat ini bisa memberi banyak manfaat untuk tubuh. misalnya mengurangi kerusakan dalam tubuh akibat radikal bebas, mencegah penuaan dini, mencegah stres oksidatif.

Serta mampu mengontrol pembentukan oksida nitrat yang bisa menimbulkan gangguan otak, penyakit kanker, dan penyakit serius lainnya. Beberapa zat antioksidan yang terdapat dalam kayu manis, yaitu polifenol, asam fenolik, dan flavonoid.

3. Mencegah Kanker

Manfaat kayu manis lainnya adalah bisa mencegah kanker. Hal ini berkat adanya kandungan zat anti-oksidan yang berkhasiat melindungi terhadap kerusakan DNA mutasi sel dan pertumbuhan tumor.

Sedangkan kandungan cinnemaldehyde, berguna untuk menghambat pertumbuhan tumor kanker dan melindungi DNA dari kerusakan radikal bebas yang merupakan penyebab kanker.

4. Mengurangi Nyeri Rematik

Bagi pengidap rematik, mengonsumsi kayu manis sangat dianjurkan karena rempah-rempah ini dipercaya bisa mengurangi nyeri rematik. Hal ini turut didukung oleh penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine yang menunjukkan kayu manis bisa mengurangi sitokin, yaitu protein-protein kecil yang bisa menyebabkan rematik.