BERITABETA.COM, Ambon – Penghuni dunia maya sering disuguhkan kata up dari warganet. “Minta up dulu, facebook saya lagi tak bisa memunculkan gambar,” demikian sering hadir permintaan semacam ini.

Kata up kerap digunakan dalam percakapan di media sosial. Banyak istilah-istilah yang muncul dalam bermedia sosial. Istilah ini banyak digunakan dalam forum, percakapan, atau komentar.

Salah satu istilah yang sering muncul adalah up. Arti up sering dipakai dalam forum jual beli, diskusi, atau percakapan biasa. Arti up juga digunakan di beragam platform seperti Facebook, Twitter, atau bahkan chat seperti WhatsApp.

Arti up secara harfiah adalah 'naik'. Namun, dalam penggunannya di media sosial, arti up punya fungsi sendiri. Arti up bisa cukup luas dalam penggunaanya di media sosial.

Berikut arti up dan penggunaannya di media sosial, dikutip beritabeta.com  dari liputan6.com, Rabu (2/6/2021).

Arti up secara umum

Kata up berasal dari bahasa Inggris yang berarti naik. Arti up secara umum adalah menuju tempat atau posisi yang lebih tinggi. Up bisa berarti berada pada satu titik dan naik ke tingkat intensitas, volume, atau aktivitas yang lebih tinggi. Up juga bisa berarti naik bersama.

Dalam bahasa Inggris, up digunakan untuk mendefinisikan sesuatu yang naik dari bawah ke posisi yang lebih tinggi. Sebagai kata sifat atau kata keterangan, up hampir selalu menyampaikan gerakan atau posisi yang lebih tinggi.

Arti up dalam forum jual beli

Up paling sering muncul dalam forum jual beli. Ini terutama banyak digunakan dalam aktivitas jual beli di Facebook, terutama dalam grup. Up sering muncul dalam komentar postingan jual beli.

Arti up dalam forum jual beli adalah untuk menaikkan postingan agar tetap berada dalam posisi paling atas timeline. Up membuat postinganmu tetap mudah dibaca pengunjung grup dan lebih berpotensi menarik pelanggan yang baru membuka grup.

Misalnya, kamu ingin menjual kue buatanmu di sebuah grup Facebook. Ketika memosting daganganmu, postinganmu bisa saja tertimbun dengan postingan orang lain.

Nah, untuk membuatnya tidak tertimbun dan tetap berada di urutan postingan teratas, kamu bisa mengomentari postinganmu dengan kata 'up'. Dengan begitu, postinganmu tetap berada di posisi paling atas dan lebih banyak dilihat oleh calon pelanggan.