BERITABETA.COM - Salah satu sektor yang terus dikembangkan dalam dunia gadget adalah kamera. Di mana saat ini banyak tersedia smartphone dengan quad camera. Bukan hanya ponsel flagship saja, namun HP dari jajaran entry-level pun sudah banyak yang menggunakan quad camera.

Berbincang tentang quad camera, mungkin banyak diantara Anda yang sudah sangat sering mendengarnya, namun belum tahu apa arti quad camera sebenarnya. Istilah ini biasanya digunakan untuk menjelaskan spesifikasi suatu perangkat, khususnya smartphone.

Nah, untuk mengetahui arti dan bagian-bagian yang biasanya disematkan dalam quad camera, Anda bisa simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Quad Camera ?

Sesuai namanya, quad camera artinya empat kamera. Sama halnya dengan dual camera atau triple camera yang berarti dua kamera dan tiga kamera. Quad kamera juga menggambarkan jika jumlah kamera dalam suatu perangkat ada empat.

Dulunya, istilah ini digunakan untuk menjelaskan penggunaan empat kamera yang mengacu pada dua kamera belakang dan dua kamera depan. Namun seiring berjalannya waktu dan trend kamera smartphone berubah, kini istilah tersebut lebih menggambarkan empat kamera di belakang.

Artinya, empat kamera tersebut tidak termasuk kamera depan. Jadi, jika dijumlahkan, dalam satu perangkat bisa dijumpai lima kamera bahkan lebih.

Perubahan makna istilah tersebut juga dibarengi dengan banyaknya ponsel dengan empat kamera belakang yang dirilis di pasaran.

Fungsi Quad Camera

Nah, yang menarik dari penggunaan quad camera ini adalah fungsi atau peran dari masing-masing kamera. Meski sebenarnya fungsi ini sangat tergantung dari brand produknya, namun secara umum fungsi dari masing-masing kamera pada perangkat dengan quad camera adalah sebagai berikut.

1. Main Camera Lens

Main camera lens atau lensa kamera utama memang berkedudukan sebagai bagian utama. Fungsi dari kamera ini ialah untuk mengambil gambar layaknya kamera single.

Jika dibandingkan dengan jenis lensa lain, main camera memiliki peran dan fungsi yang paling besar. Bahkan, main camera merupakan bagian yang paling banyak bekerja dalam menangkap jepretan.

Dilihat dari fungsinya tersebut, tidak mengherankan jika resolusi lensa kamera utama paling besar diantara lainnya. Tak tanggung-tanggung, untuk produk flagship masa kini seperti OPPO Reno6 Pro, kamera utamanya sudah beresolusi 50MP.

Meski hadir dengan resolusi besar, namun tidak bisa dibantahkan jika hasil jepretan kamera utama masih memiliki celah kekurangan. Oleh sebab itu, hadirlah tiga kamera pendukung lain untuk menutup kekurangan kamera utama.