Air Kelapa Muda
Air Kelapa Muda

BERITABETA.COM - Sebagian besar orang Indonesia sudah kenal dengan buah kelapa. Tidak hanya memiliki daging yang lembut dan nikmat, ada segudang manfaat air kelapa untuk kesehatan.

Air kelapa memiliki rasa segar yang bisa menghilangkan dahaga setelah beraktivitas berat atau akibat cuaca panas.

Minum air kelapa muda sangat cocok apabila saat cuaca panas dan benar-benar melegakan. Karena itulah, air kelapa muda sangat cocok dikonsumsi pada saat sedang beraktivitas berat dan banyak mengeluarkan keringat.

Manfaat air kelapa tentunya dipengaruhi oleh kandungan yang syarat akan gizi di dalamnya. Kandungan gizi ini mulai dari vitamin C. asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat, dan lain-lainnya.

Anda bisa mengonsumsinya secara teratur tetapi sesuai dengan anjuran. Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan:

1. Menu Diet

Kandungan lemak dan kalori dalam air kelapa tergolong rendah, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir berat badan naik ketika mengonsumsinya.

Selain itu, air kelapa juga dapat menjadi sumber energi berkat kandungan karbohidrat sederhana yang dapat dicerna tubuh dengan segera.

Demi mendapatkan manfaat yang lebih optimal, konsumsilah air kelapa murni yang tidak ditambahkan gula. Batasi pula porsi saat mengonsumsinya, ya!

2. Mengatasi Keluhan Pencernaan

Manfaat air kelapa untuk kesehatan yang berikutnya ialah mengatasi berbagai keluhan pencernaan, seperti mual, muntah, atau diare. Air kelapa dapat membantu mengurangi keluhan-keluhan tersebut, lho!

Air kelapa mengandung elektrolit, sehingga dapat pula membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena masalah pencernaan.

3. Mencegah Dehidrasi

Kandungan yang ada di dalam air kelapa lebih efektif mencegah dehidrasi daripada minuman isotonik dan minuman energi.

Air kelapa mengandung 61 miligram kalium dan 1,3 gram gula alami dalam setiap 200 mililiternya. Sementara itu, minuman isotonik dan minuman energi hanya mengandung setengah dari kandungan kalium tersebut, dan 5 kali jumlah pemanis buatan yang buruk untuk kesehatan.

4. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal mengatakan, penderita hipertensi yang mengonsumsi air kelapa secara rutin mengalami penurunan tekanan darah.

Hal tersebut memberikan harapan bahwa air kelapa dapat bantu mengontrol penyakit hipertensi alias tekanan darah tinggi.

5. Kaya Gizi

Air kelapa mengandung 5 jenis elektrolit esensial bagi tubuh manusia, yaitu kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium.

Berkat beberapa kandungan baik tersebut, manfaat air kelapa bisa dinikmati oleh oleh penderita penyakit apapun.

6. Meredakan Mabuk Akibat Alkohol

Konsumsi alkohol berlebih bisa menyebabkan mabuk dan pusing. Kondisi tersebut bisa diredakan dengan mengonsumsi air kelapa.

Air kelapa tidak menyebabkan mual atau kembung ketimbang air putih biasa. Ini bisa membantu meredakan rasa tidak nyaman karena mabuk alkohol.

7. Penangkal Radikal Bebas

Air kelapa tinggi akan antioksidan, yang berperan dalam menangkal radikal bebas. Pada penelitian terhadap tikus, ditemukan bahwa pemberian air kelapa dapat meminimalkan kadar radikal bebas di dalam tubuh. Ini membuat risiko tikus-tikus tersebut terkena penyakit lebih rendah.

8. Mengontrol Gula Darah pada Penderita Diabetes

Studi pada hewan menemukan manfaat air kelapa dalam menurunkan gula darah, serta kadar HbA1c — penentu kontrol gula darah dalam jangka panjang.

Air kelapa juga mengandung magnesium yang penting untuk meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes ataupun prediabetes.

9. Mencegah Batu Ginjal

Air putih tetap yang terbaik, namun air kelapa dapat menjadi pilihan. Studi pada hewan menemukan bahwa air kelapa dapat mencegah kristalisasi batu ginjal, sehingga menurunkan risiko penyakit tersebut

10. Mengatasi Kulit Kering

Air kelapa dapat membantu penuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C.

Kombinasi tersebut membuat air kelapa dapat membantu menjaga hidrasi kulit, sehingga mencegah kekeringan. Manfaat air kelapa untuk kulit lainnya, yaitu menjaga elastisitas sehingga tampak kenyal (BB-DIP)