BERITABETA.COM – Tubuh sehat dan bugar menjadi impian kebanyakan orang. Banyak orang kemudian memilih berolahraga sebagai pola gaya hidup sehat.

Selain untuk  menjaga kesehatan fisik, olahraga juga bisa menjaga kesehatan mental, dan sosial.  Namun disamping rutin menjalani olahraga, hal penting yang harus diperhatikan adalah asupan nutrisi sehari-hari agar tubuh tetap sehat.

Nah untuk menjaga agar tubuh tetap berisi nutrisi sehat, dapat  pula dijumpai di dalam buah kelapa muda. Kandungan air kelapa muda mengandung banyak elektrolit yang bermanfaat bagi tubuh.

Seperti dikutip dari Situs Klikdokter.com, salah satu studi yang diterbitkan oleh Medicine & Science in Sports & Exercise menyebutkan air kelapa muda dapat mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga lebih baik daripada air biasa.

Keutamaan nutrisi air kelapa adalah karbohidrat dan sodium yang rendah dan tinggi akan potassium.

dr. Nadia Oktavia menjelaskan, jika berolahraga berat lebih dari 3 jam, berada dalam lingkungan yang lembab dan kehilangan cairan tubuh yang banyak, yang dibutuhkan adalah karbohidrat yang mudah dicerna untuk asupan energi dan untuk menggantikan elektrolit yang hilang seperti sodium dan potassium, seperti yang dikandung dalam air kelapa muda.

Berikut empat manfaat kelapa muda bila diminum setelah berolahraga:

1. Menghidrasi tubuh dengan lebih baik

Setelah berolahraga, tidak hanya kadar cairan dalam tubuh saja yang berkurang secara signifikan, tapi kadar elektrolit juga.  Elektrolit adalah ion yang ditemukan dalam darah, urine, dan cairan tubuh lainnya seperti keringat.

Selama berolahraga, tubuh kehilangan banyak elektrolit melalui keringat. Bila kamu tidak segera menggantinya kembali, kamu bisa mengalami kekakuan, kram otot, mual, kelelahan dan mudah marah.

Nah, air kelapa muda mengandung elektrolit yang tinggi, seperti kalium dan magnesium. Itulah mengapa manfaat kelapa muda yang diminum setelah berolahraga bisa menghidrasi tubuh dengan lebih baik.

2. Membuat Tubuh Berenergi Kembali

Air kelapa muda juga bisa menjadi alternatif minuman energi karena bisa memulihkan tenaga kamu setelah berolahraga. Hal itu karena air dari buah tropis tersebut mengandung karbohidrat, penambah energi yang mudah dicerna dalam bentuk gula alami. Mengganti asupan karbohidrat yang hilang bisa membuat tingkat energi tetap terjaga.

3. Menjaga Kekuatan Otot

Selain memberikan energi, kandungan karbohidrat dalam kelapa muda juga bisa membantu menjaga daya tahan otot. Kandungan elektrolit, seperti potasium dan magnesium juga membantu otot untuk tetap berfungsi dengan baik.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kabar baik bagi kamu yang sedang diet. Manfaat kelapa muda bisa membantu menurunkan berat badan. Sebab minuman tersebut rendah kalori dan bebas lemak, sehingga kamu bisa mengonsumsinya tanpa khawatir berat badan naik (*)

 

Pewarta : Jubeda Sanaky