BERITABETA.COM, Ambon – Gula merah Saparua, begitu warga Ambon atau Maluku menyebutnya. Gula yang dibuat dari hasil sadapan sari pohon mayang (aren) ini merupakan satu diantara mata pencaharian warisan leluhur warga di Pulau Saparua yang hingga kini masih terpelihara dengan baik.

Disebut gula merah Saparua, karena terdapat beberapa warga desa disana yang memiliki kebiasaan membuat gula merah yang sudah menjadi home industry. Salah satunya adalah warga di Negeri (Desa) Tuhaha, Kecamatan Saparua Timur.

Memiliki ragam keunggulan dari sisi rasa, bentuk dan manfaatnya, gula merah Saparua kini mulai naik kelas, dari yang sebelumnya hanya dijual di pasar lokal tradisional, kini sudah masuk pasar startup.

Harganya pun beragam. Berdasarkan up date harga terbaru bulan Maret 2021, di salah satu startup ternama, gula merah Saparua kini dibandrol dengan harga Rp.70 ribu per buah atau naik 3 kali lipat dari harga pasar lokal.

Dari informasi yang berhasil dihimpun beritabeta.com menyebutkan, Negeri Tuhaha merupakan salah satu sentral produksi gula merah di Saparua. Selain Tuhaha, gula merah Saparua juga diproduksi oleh beberapa petani di Negeri Ullath dan Siri Sori Islam.

“Jumlah unit usaha pengolahan gula merah yang bersifat industri rumah tangga terbanyak berada di negeri Tuhaha yaitu 40 unit usaha dari 95 unit yang tersebar di Pulau Saparua,” tulis Jurnal Penelitian Agrisamudra pada Juni 2021.

Dijual di pasar Startup

Tradisi pembuatan gula merah Saparua,  ini telah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu. Sumber-sumber sejarah tentang lahirnya gula Saparua tidak bisa ditemukan dalam bertuk tulisan atau arsip karena orang di Maluku lebih mengenal tradisi oral atau bertutur.

Namun menurut cerita dari masyarakat setempat pembuat gula Saparua, tradisi pembuatan gula merah telah ada dan diwariskan secara turun temurun dari sekitar tahun 1900an.

Cara Pembuatan Gula Merah Saparua

Nira adalah cairan yang disadap dari bunga jantan pohon aren. Cairan ini mengandung gula antara 10-15%. Nira dapat diolah menjadi minuman ringan, maupun beralkohol, sirup aren, gula aren.