BERITABETA.COM, Ambon – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menyampaikan dukungannya terhadap program nasional membangun 1000 startup yang diinisiasi oleh  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dukungan ini disampaikan Gubernur Maluku Murad Ismail dalam audiens yang digelar Kominfo RI bersama Regional Project Office 1000 Startup Digital dan pihak Universitas Pattimura (Unpatti) secara virtual pada Jumat (23/7/2021).

Audiens ini dihadiri Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo RI, Dr. Ir. Bonifasius Wahyu Pudjianto  M.Eng, Regional Project Office 1000 Startup Digital, M. Ikhsan Tualeka dan Elvialiana Y. Watopa dan DR. R.A. Aisah Asnawi, SE., M.Si dari Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

Pada kesempatan itu Gubernur Maluku, Murad Ismail mengungkapkan hadirnya inovator lewat berbagai startup digital, tentu dapat berkontribusi bagi upaya  bersama khususnya pemerintah dalam hal meningkatkan jumlah pengusaha di tanah air saat ini.

Menurut Gubernur, terdapat tiga realitas kebutuhan obyektif yang mendorong untuk meningkatkan jumlah wirausaha atau innovator muda saat ini.  Masing-masing, kondisi persaingan pasar bebas. Hal ini memerlukan kemampuan daya saing di berbagai sektor, bukan hanya mampu memanfaatkan pasar domestik tetapi juga mampu berkespansi ke negara lain.

Kemudian, memaksimalkan pengelolaan potensi daerah sehingga mampu menyerap lapangan pekerjaan. Dan yang terakhir adalah menyikapi bonus demografi di tahun 2030 dimana jumlah penduduk usia produktif 15-64 akan mencapai 70%.

“Sisanya 30% usia yang tidak produktif, jika bonus ini tidak diantisipasi maka akan menjadi bencana,” ungkap Murad Ismail.

Gubernur juga menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan ini. Menurutnya, lebih dari 1 tahun dampak  pandemi Covid-19 telah membuat aktivitas harus dilakukan secara virtual.

“Ternyata di balik kesulitan ini ada harapan atau hikmah yang dapat dipetik salah satunya peluang bagi tumbuh dan berkembangnya satrtup yang memanfaatkan majunya teknologi informasi saat ini," tandasnya.

Pada kesempatan itu, Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo RI Dr. Ir. Bonifasius Wahyu Pudjianto  M.Eng juga mengungkapkan,  program 1000 startup adalah upaya bahu membahu oleh penggerak ekosistem startup di seluruh Indonesia.

Kominfo, kata dia, akan memfasilitasi gerakan ini untuk tumbuh dan berkembang para teknopreneur di seluruh Indonesia, dimulai dari universitas, komunitas dan juga para penggerak di bidang startup.