BERITABETA.COM, Ambon – Pelantikan Personalia Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Maluku masa bakti 2021-2025 ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Maluku Nomor 105 Tahun 2021 tentang Personalia Badan Promosi Daerah.

Pelantikan dilakukan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Maluku Barnabas Nathaniel Orno di Lantai VII Kantor Gubernur, Jalan Pattimura No.1 Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Kamis (16/09/2021).

Pengurus Badan Promosi Pariwisata Maluku itu terdiri dari Dewan Pembina yang diketuai Dr. Meutia Hatta, dan beranggotakan Prof. A.E. Pattiselano, Victor Joseph dan Frans Paliyama.

Untuk Ketua BPPD dijabat H. Mus Mualim (Pengusaha), Wakil Ketua Yoni Sirait (Pengusaha), Sekretaris Dr. R. Aisyah Asnawi SE. M.Si (Akademisi).

Anggotanya; GM. Garuda Indonesia Cabang Ambon Valentri Alila Rumambi, Ketua DPD PHRI Maluku Theny Barlola, Ketua DPD ASITA Maluku Ahmad Ilham Sipatuhar M.Si, Ketua DPD HPI Maluku Aditya Retraubun, Ketua Maluku Photo Club  Zairin Salampessy, S.Pi, Ketua GENPI Maluku Marthen Luther Reasoa, S.Pd dan Fotografer Bhakti Perkasa.

Dalam amanatnya Wagub Maluku menyatakan, pelantikan pengurus BPPD bertujuan untuk membantu pemerintah daerah mempromosikan potensi pariwisata agar berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara dan lokal.

Dalilnya, Maluku memiliki 1.340 pulau besar dan kecil yang meliputi sejumlah destinasi wisata sejarah, budaya, bahari dan alam. Kepemilikan sumber daya daerah itu tidak kalah menariknya dengan spot wisata daerah lain di Indonesia.

"Dengan berbagai potensi yang dimiliki tersebut, maka kehadiran BPPD di daerah ini sangat dibutuhkan dan memiliki peran vital dalam mendorong percepatan pembangunan,”jelas Wagub.

Ia menyarankan kepada personil BPPD Maluku untuk terus meningkatkan kerjasama antar stakeholders pariwisata, entah itu di dalam maupun luar negeri.

“Tujuannya untuk mempromosikan berbagai potensi daerah di sektor pariwisata. Karena citra kepariwisataan berkaitan dengan brand dan juga tagline untuk mempermudah proses promosi pariwisata daerah,” timpal Wagub.

Upaya pengembangan kegiatan pariwisata tersebut, menurut Wagub, diperlukan alokasi ruang yang dapat menjamin sustainable development guna mencapai kesejahteraan masyarakat Maluku.

Bertalian dengan itu Wagub menginginkan agar BPPD terus memelihara kerukunan, menjaga keamanan dan menjalin kerjasama yang sejalan dengan visi misi pemerintah daerah.

Yaitu: Maluku yang terkelola secara jujur, bersih, dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan.

"Selamat kepada pengurus BPPD yang sudah dilantik. Semoga tetap amanah dan tanggung jawab saat menjalankan tugas," ucap mantan Bupati Maluku Barat Daya ini.

Turut hadir menyaksikan pelantikan ini di antaranya; Pelaksana Harian Sekda Maluku Sadlie Ie, Kadis Pariwisata Max Pattinama, Kadis Pemuda dan Olahraga Sandi Wattimena, Kadis Perindag Elvis Pattiselano. (*)

 

Pewarta : Febby Sahupala