BERITABETA.COM, Bula — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat secara rutin melakukan pasokan air bersih kepada warga di Kota Bula.

Pantauan media ini di jalan Kelapa Dua, Kota Bula Minggu (01/10/2023) sore, mobil tangki air dengan volume 4000 liter melakukan pengisian air bersih kedalam Profil Tank berukuran 1100 liter yang sudah disediakan Dinas PUPR SBT.

Dalam waktu bersamaan, puluhan Kepala Keluarga (KK) yang bermukim di lorong Arab itu datang membawa ember dan jeriken untuk saling berantrian guna mendapatkan air bersih yang dipasok pihak Pemerintah Daerah (Pemda) itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR SBT Abu Saleh Salampessy saat dihubungi beritabeta.com mengungkapkan, Dinas yang dipimpinnya itu rutin melakukan pasokan air bersih kepada warga sejak mendapat bantuan tangki air dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Maluku pada awal September 2023.

"Kegiatan pasokan air bersih di SBT, terutama dalam Kota Bula ini rutin dilaksanakan oleh Dinas PUPR," ungkap Abu Saleh Salampessy.

Salampessy menerangkan, langkah yang dilakukan dinas yang dipimpinnya itu untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap air bersih akibat kekeringan yang melanda Kota Bula dalam beberapa bulan terakhir ini.

"Kita tahu persis bahwa saat ini Kota Bula sedang dilanda kekeringan akibat kemarau yang cukup panjang. Langkah yang diambil Pemda melalui Dinas PUPR yang kami distribusi itu untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat tentang air bersih," terangnya.

Mantan Camat Tutuk Tolu itu membeberkan, selain pasokan air bersih kepada warga, Dinas yang dipimpinnya itu juga memasok air bersih ke Masjid di Desa Kampung Gorom.

Dia menambahkan, pasokan air ke Masjid di Desa Kampung Gorom pada sore tadi itu setelah ada permintaan dari masyarakat setempat.