BERITABETA.COM, Ambon – Jamaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Maluku yang tergabung dalam kloter 9 dan 10 tiba di bandara King Abdul Aziz—Jeddah, Saudi Arabia Sabtu kemarin dengan selamat.

Setelah itu mereka dibawa ke hotel untuk istrahat sejenak. Seterusnya ratusan jamaah calon haji asal Maluku itu mulai melaksanakan ibadah awal di Masjidil Haram Mekkah.

Pembimbing Ibadah yang juga Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Aru, H.M Hanafi Rumatiga dari Saudi Arabia Minggu malam (26/06/2022) melaporkan, setelah tiba di Bandara King Abdul Aizz di Jeddah, ratusan jamaah calon haji Kloter 9 asal Maluku ini dibawa ke hotel.

Kehadiran ratusan JCH asal Maluku disambut hangat oleh pihak hotel. Penyambutanan tersebut sebagai bentuk rasa syukur, karena kembali dilaksanakannya ibadah haji tahun ini.

“Jamaah asal Maluku Kloter 9 UPG disambut hangat oleh pihak hotel yang ditandai dengan pemberian bunga, kurma, kopi khas Arab, Al-Qur'an, tasbih dan berbagi suvenir lainnya kepada Jamaah asal Maluku Kloter 9 UPG,” ujar Hanafi Rumatiga saat dihubungi Beritabeta.com melalui WhatsApp, Minggu malam.

Jamaah calon haji Maluku Kloter 9 UPG ini kemudian menempati kamar masing-masing untuk istrahat sejenak.

Seterusnya, pada pukul 00 Waktu Arab Saudi atau Pukul 04.00 WIB [Pukul 06.00 WIT], Jamaah Kloter 09 memulai ibadah umrah wajib.

Ibadah dimaksud diperuntukan bagi jama'ah yang memilih melaksanakan haji tamattu atau mendahulukan umrah dari ibadah haji.

JCH Maluku saat berada di Hotel, Saudi Arabia.
JCH Maluku saat berada di Hotel, Saudi Arabia.

Sedangkan pelaksanaan tawaf qudum bagi jama'ah yang memilih haji ifrad, atau melakukan ibadah haji secara terpisah antara ibadah haji, dan ibadah umrah.

Hanafi mengaku, proses pelaksanaan ibadah tersebut oleh ratusan jamaah calon haji asal Makuku Kloter 9 berjalan lancar. “Alhamdulillah semua terlaksana sesuai rencana,” ungkap Hanafi.

Kecuali, lanjut dia, satu orang jama'ah yang belum tawaf dan sa'I karena ketiduran akibat kelelahan setelah menempuh perjalanan dari Bandara Hasanuddin Makassar menuju Saudi Arabia, Sabtu kemarin.

“Insya Allah sebentar malam jamaah tersebut kami dampingi,” timpalnya.   (*)

 

Editor : Samad Vanath Sallatalohy