BERITABETA.COM, Ambon – Sebanyak 392 jamaah haji asal Provinsi Maluku akhirnya tuntas melaksanakan tawaf wada di Baitullah Masjidil Haram Mekkah Selasa (26/072022) malam. Selanjutnya ratusan jamaah haji asal Maluku ini bertolak dari Mekkah menuju Madinah Rabu, (27/07/2022).

“Alhamdulillah tadi malam sekitar 392 orang jamaah haji Kloter 09 UPG asal Provinsi Maluku sudah selesai melaksanakan tawaf wada sebagai tanda perpisahan dengan Baitullah [Ka’bah],” ujar Hanafi Rumatiga, Pembimbing Ibadah Jamah Haji Kloter 09 asal Provinsi Maluku yang berada di Mekkah saat dihubungi Beritabeta.com melalui WhatsApp Rabu, (27/07/2022).

Hanafi menjelaskan, tawaf perpisahan ini merupakan salah satu wajib haji yang harus dilaksanakan oleh setiap jamaah sebelum meninggalkan Kota Mekkah.

“Suasana tawaf wada tadi malam diwarnai dengan berbagai ekspresi serta tangisan air mata ditunjukkan para jamaah. Seluruh jamaah merasa sedih karena harus pergi meinggalkan Baitullah,” tutur Hanafi.

Ia menjelaskan, hanya ada seorang jama'ah asal Kota Ambon dalam hal ini Joko Sutopo yang belum melaksanakan tawaf wada, karena uzur [sakit] sehingga harus dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia atau KKHI Mekkah.

Setelah tawaf wada, selanjutnya jamaah haji Kloter 09 UPG asal Provinsi Maluku menuju ke Madinah pada pukul 09.00 Waktu Arab Saudi atau pukul 13.00 WIB atau pukul 15.00 WIT.

“Proses pendorongan jama'ah haji Kloter 09 UPG asal Maluku menuju Madinah dipantau langsung oleh Ketua Sektor 2 Mekkah pak Lutfi Yunus,” terangnya.

Rombongan Jamaah Haji Kloter 9 UPG asal Provinsi Maluku menumpangi Bus untuk menuju ke Madinah Rabu, (27/07/2022). /IST
Rombongan Jamaah Haji Kloter 9 UPG asal Provinsi Maluku menumpangi Bus untuk menuju ke Madinah Rabu, (27/07/2022). /IST

Ia menyebut, jamaah haji Kloter 09 asal Provinsi Maluku yang berangkat menuju Madinah sebanyak 388 orang, dan 4 orang lainnya adalah petugas. Rombongan jamaah haji Kloter 9 UPG ini menuju ke Madinah dengan menggunakan 9 unit Bus.

Menurut Hanafi, Jamaah Haji Kloter 9 UPG ini akan berada di Madinah kurang lebih 8 atau 9 hari untuk melaksanakan raba'in atau sholat 40 waktu di Masjid Nabawi.

“Kemudian berziarah di makam Rasulullah dan beberapa tempat bersejarah seperti di Jabal Uhud, di Masjid Qiblatain, Masjid Quba, makam Baqi' yaitu perkuburan para Sahabat Rasulullah dan lain-lain,” pungkasnya.  (*)

 

 

Editor : Samad Vanath Sallatalohy