BERITABETA.COM, Ambon – Rombongan jamaah haji Kloter 9 UPG asal Provinsi Maluku telah tiba di Madinah sejak Rabu (27/07/2022). Mereka langsung malaksanakan arbain atau sholat 40 waktu di Masjid Nabawi.

“Alhamdulillah jamaah haji Kloter 9 UPG asal Provinsi Maluku telah tiba di Madinah pada pukul 16.00 WAS atau pukul 20.00 WIB/pukul 22.00 WIT kemarin,” ujar Pembimbing Ibadah Jamaah Haji Kloter 9 UPG asal Provinsi Maluku M. Hanafi Rumatiga kepada Beritabeta.com melalui WhatsApp Kamis, (28/07/2022).

Ia menjelaskan, pelaksanaan arbain ditandai dengan penandatanganan Bayan Tarhil atau MoU antara pihak hotel dan petugas kloter. Startnya sejak sholat Magrib.

Selanjutnya pada Kamis 28 Juli 022 pukul 10.30 - 10.59 WAS para jamaah mereka melakukan kunjungan ke Raudhah, dan ziarah ke Makam Rasulullah SAW, serta makam para sahabat Rasulullah.

Sedangkan untuk laki-laki kunjungan ke raudhah berlangsung pada pukul 17.30-17.59. kemudian pada pukul 10.30 WAS, jamaah haji asal Maluku khusus perempuan diberi kesempatan untuk mengunjungi Raudah, salah satu tempat yang sangat dirindukan oleh jamaah haji untuk berziarah.

 

Jamaah Haji Kloter 9 asal Provinsi Maluku saat antri untuk masuk ke Raudhah di Madinah Kamis, (28/07/2022).
Jamaah Haji Kloter 9 asal Provinsi Maluku saat antri untuk masuk ke Raudhah di Madinah Kamis, (28/07/2022).



Sesuai kata Rasulullah, lanjut Hanafi, Raudah merupakan salah satu taman dari taman-taman surga. “Disini jamaah haji dianjurkan untuk banyak berdoa dan bersalawat kepada Nabi SAW,” tuturnya.

Setelah dari Raudah, kata dia, jamaah haji asal Maluku juga diarahkan ke Makam Rasulullah dan makam Abu Bakar Shiddiq dan Umar bin Khattab untuk menyampaikan salam dan shalawat kepada mereka.

“Selesai mengunjungi raudah dan ziarah ke makam Rasulullah, jamaah haji Kloter 9 pun dianjurkan untuk berziarah ke makam Baqi' yang merupakan salah satu tempat [makam sahabat Nabi] termasuk makam istri Nabi yaitu Aisyah Radhiyallahu Anha,”jelasnya.  (*)

 

Editor : Samad Vanath Sallatalohy