BERITABETA.COM, Ambon - Jamaah Haji Kloter 9 UPG asal Provinsi Maluku akan bertolak dari Mekkah ke Madinah pada 27 Juli 2022. Tujuannya adalah melaksanakan sholat arbain. Ratusan jamaah haji tersebut juga akan berziarah ke sejumlah tempat bersejarah.

Pembimbing Ibadah Jamah Haji Kloter 9 Maluku, M., Hanafi Rumatiga kepada Beritabeta.com melalui WhatsApp Rabu malam, (13/07/2022) mengatakan, agenda jamaah ke Madinah untuk menunaikan Sholat Arbain di Masjidil Nabawi.

“Jamaah akan melaksanakan sholat 40 waktu, kurang lebih 8 sampai 9 hari di Masjid Nabawi,” terangnya.

Selain itu, para jamaah haji asal Maluku juga memperoleh paket untuk berziarah ke beberapa tempat bersejarah di Madinah.

Antara lain, makam baqi’ atau kuburan para sahabat nabi, Masjid Quba yang merupakan masjid pertama didirikan nabi Muhammad SAW.

Ilustrasi: Jamaah Haji asal Provinsi Maluku saat menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina. /Foto: M. Hanafi Rumatiga, Pembimbing Ibadah
Ilustrasi: Jamaah Haji asal Provinsi Maluku saat menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina. /Foto: M. Hanafi Rumatiga, Pembimbing Ibadah

Kemudian berziarah ke masjid Qiblatain, atau masjid yang awal mula menjadi kiblat umat Islam mengarah ke Baitul Maqdis Palestina. Setelah turunnya surat Al-Baqarah ayat 144, akhirnya kiblat umat Islam berubah menuju Baitullah—Masjidil Haram Mekkah, dan dinamakan masjid kiblatain.

“Begitu juga jama'ah asal Provinsi Maluku akan berkunjung ke gunung Uhud untuk mengetahui sejarah perang nabi, dan para sahabatnya dalam melawan kaum kafir Quraisy,” pungkasnya.   (*)

 

Editor : Samad Vanath Sallatalohy