BERITABETA.COM, Ambon - Ratusan Jamaah Haji Kloter 9 UPG asal Provinsi Maluku sejak 25 Juni - 18 Juli 2022 atau saat ini sudah 23 hari berada di tanah suci Mekkah.

Seluruh rangkaian ibadah [rukun/wajib haji] hampir pasti telah ditunaikan oleh ratusan jamaah haji asal Provinsi Maluku. Hanya tersisa Tawaf Wada di Masjidil Haram Mekkah yang direncaakan berlangsung pada 26 Juli 2022. Kemudian sholat Arbain di Masjid Nabawi Madinah, yang akan dilaksanakan sehari setelah Tawaf Wada.  

Pada Senin, (18/07/2022) Waktu Arab Saudi, sebagai persiapan pelaksanaan Tawaf Wada dan Sholat Arbain, ratusan jamaah haji Kloter 9 UPG asal Provinsi Maluku mendapat visitasi dan edukasi dari Tim Konsultan Pembimbing Sektor II Syisyah Mekkah.

"Setelah Armuzna, para Jamaah asal Provinsi Maluku saat ini lagi divisitasi dan edukasi oleh Konsultan Pembimbing Sektor II Syisyah di Mushallah Hotel 203 Shofa Al-Murjan Mekkah," kata Pembimbing Ibadah Jamaah Haji Kloter 9 UPG asal Provinsi Maluku, M. Hanafi Rumatiga melaporkan dari Mekkah kepada Beritabeta.com melalui saluran WhatsApp Senin, (18/07/2022).

Ia menjelaskan, visitasi dan edukasi terhadap para jamaah ini dilakukan dalam rangka persiapan menuju ke Madinah guna melaksanakan arbain.

Tim Konsultan Pembimbing Sektor II Syisyah Mekkah saat memberi visitasi dan edukasi terhadap ratusan Jamaah Haji asal Provinsi Maluku di Mushallah Hotel 203 Shofa Al-Murjan Mekkah /IST
Tim Konsultan Pembimbing Sektor II Syisyah Mekkah saat memberi visitasi dan edukasi terhadap ratusan Jamaah Haji asal Provinsi Maluku di Mushallah Hotel 203 Shofa Al-Murjan Mekkah /IST

Sebelum jamaah melaksanakan sholat arbain atau sholat 40 waktu, kurang lebih 8 sampai 9 hari di Masjid Nabawi Madinah, mereka lebih dulu melaksanakan Tawaf Wada di Masjidil Haram Mekkah yang direncanakan berlangsung pada 26 Juli 2022.

Rencananya, kata dia, pada 26 Juli 2022 atau sehari sebelum ratusan jamaah haji asal Maluku berangkat ke Madinah, mereka akan menunaikan wajib haji atau tawaf perpisahan di Masjidil Haram Mekkah.

Ia menambahkan beberapa jamaah yang sebelumjya terlambat melaksanakan tiga rukun haji yakni Tawaf Ifhadah, Sa'i dan Tahallul akibat kondisi fisik [kelelahan] setelah Armuzna beberapa hari lalu, kini semuanya telah menunaikan rukun haji dimaksud.

"Sekarang hanya menunggu Tawaf Wada di Masjidil Haram dan Arbain di Madinah," imbuhnya.

Ia mengaku, sampai saat ini seluruh jamaah Kloter 9 UPG asal Provinsi Maluku sehat walafiat. Hanya satu orang dari Kota Ambon, kondisinya agak lemas karena penyakit bawaan [asma].

“Alhamdulillah, rata-rata kondisi jamaah sehat. Hanya satu orang yang kondisinya lemas. Tapi yang bersangkutan kami sudah inapkan di Klinik Indonesia, Mekkah. Nanti mau ke Madinah baru dijemput. Kami sengaja inapkan yang bersangkutan di Klinik agar istirahatnya lebih terjaga,"jelasanya.  (*)

 

Editor : Samad Vanath Sallatalohy