BERITABETA.COM, Ambon - PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) berkomitmen agar sistem kelistrikan andal dan aman selama masa pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI).

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menyampaikan, pihaknya akan menyajikan pasokan listrik yang andal, aman, dan lancar. Sejumlah persiapan pun telah dilakukan di semua unit kerja PLN UIW MMU.

“Persiapan jelang Momentum HUT Proklamasi sudah menjadi agenda tahunan, dengan evaluasi menyeluruh setiap tahunnya. Semua jajaran unit Kami pun bersiapsiaga, mulai dari personel hingga peralatan kelistrikan,” ujar Awat, Jumat (16/8/2024).

Awat menjabarkan, kecukupan daya pada sistem PLN UIW MMU dengan Daya Mampu Mampu 372,26 MW, Beban Puncak Tertinggi 230 MW dan Cadangan Daya 142 MW.

Dia memastikan Sistem Ambon dalam Kondisi Aman dengan Daya Mampu Pasok 100,2 MW,

Beban Puncak 54,35 MW. Kemudian Sistem Ternate - Tidore juga disebutnya dalam kondisi aman dengan Daya Mampu Pasok 58,9 MW, Beban Puncak 37,98 MW.

“Dari sisi personel, Kami kerahkan sebanyak 1250 petugas yang tersebar di wilayah kerja kami, yakni Maluku dan Maluku Utara,” sebut Awat.

Ribuan personel ini disiagakan di berbagai posko siaga keandalan. Dimana juga disiagakan posko Pembangkit di 7 tiitik, Posko Siaga Transmisi di 3 lokasi. Sementara terdapat juga Posko Siaga Pengatur Beban di 7 lokasi, Posko Siaga Distribusi  tersebar di 187 lokasi dan Posko Siaga Icon+.