BERITABETA.COM, Ambon – PT. PLN [Persero] Unit Induk Wilayah [UIW] Maluku dan Maluku Utara [Malut] kini mempersiapkan perencanaan strategi untuk memperkuat delapan sistem kelistrukan di wilayah Maluku dan Malut.

Skema perencanaan ini diungkapkan dalam diskusi bersama Direktur Manajemen Pembangkitan PLN Pusat dan jajarannya dalam kunjungan ke Ambon  pada,  Selasa 7 Maret 2023 di Ambon.

Kunjungan Direktur Manajemen Pembangkitan juga beserta jajaran antara lain Manajemen Indonesia Power, Jajaran Manajemen Nusantara Power, dan Jajaran Manajemen PLN Batam.

“Maksud dari kunjungan ini adalah untuk membahas kondisi kelistrikan dan merancang skema pengembangan sistem yang ada di bawah wilayah kerja PLN UIW Maluku dan Maluku Utara,”kata  Direktur Manajemen Pembangkitan, Adi Lumakso.

Dalam rapat pembahasan, tim yang termasuk di dalamnya jajaran Manajemen PLN UIW Maluku dan Maluku Utara turut bersama-sama melakukan site visit di beberapa titik lokasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Lokasi-lokasi itu meliputi  PLTD Poka, BMPP Nusantara, dan PLTMG Ambon Peaker yang berlokasi di Desa Waai.

PLN UIW Maluku dan Maluku Utara menyambut baik akan kunjungan tersebut dan berharap akan ada hal-hal penting yang dapat diimplementasikan untuk memperbaiki kinerja pelayanan kelistrikan di wilayah kerja yang dimaksud, khususnya di bidang Pembangkitan.

Secara detail, fokus pembahasan kondisi kelistrikan di Maluku dan Maluku Utara tersebar pada beberapa sistem, yakni Sistem Ambon, Sistem Pulau Seram, Sistem Pulau Buru, Sistem Terrnate-Tidore, Sistem Pulau Halmahera, Sistem Pulau Obi, Sistem Dobo, dan Sistem Saumlaki.

Masing-masing sistem telah ditentukan rencana jangka pendek penyediaan Pembangkit sehingga dapat memperbaiki serta memperkuat sistem kelistrikan di kedua provinsi tersebut.

Dengan melihat grafik penambahan beban dari tahun ke tahun di masing-masing sistem, mengharuskan PLN untuk bekerja secara ekstra dalam hal penyediaan pasokan kelistrikan yang andal dan kontinyu.

Sesuai dengan hasil diskusi, di tahun 2023 PLN UIW Maluku dan Maluku Utara akan melakukan Kerjasama dengan PLN Batam dalam hal penyediaan pembangkit sewa.