BERITABETA, Ambon – Satu lagi program unggulan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI digelar di Kota Ambon, Sabtu (03/11/2018).Program yang diberinama Sepeda Nusantara 2018, ini diikuti ratusan warga Kota Ambon. Event dengan tagline “Ayo Olahraga” ini memulai start dan finish di Jalan A.Y Patty.Ratusan warga Kota Ambon antusias bersepeda dengan menempuh jarak 15 km, mulai dari Jalan A.Y Patty dan melewati sejumlah ruas jalan.Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora, Bayu Rahadian menyatakan Sepeda Nusantara merupakan andalan Program “Ayo Olahraga” Kemenpora dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan menjaga kebugaran masyarakat.

“Saat ini olahraga itu menjadi gaya hidup masyarakat, karena bersepeda merupakan cara paling mudah dan murah untuk memasyarakatkan olahraga,” katanya.Ia mengatakan olahraga juga merupakan poin penting dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Mari bersama kita meluangkan waktu untuk berolahraga, karena dengan olahraga akan terwujud hidup yang sehat,” ujarnya.Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, olahraga dapat menembus batas di tengah suasana politik yang memanas, serta meningkatkan persatuan antara masyarakat Indonesia yang berbeda-beda suku dan agama.

Apresiasi yang tinggi disampaikan kepada Kemenpora yang kembali memberikan kepercayaan bagi kota Ambon menjaid tempat penyelangaraan kegiatan olahraga sepeda nusantara.

“Melalui olahraga kita tingkatkan persatuan dan kesatuan, jangan ada sekat karena katong (kita) semua basudara,” katanya. (BB-DIO)