BERITABETA.COM, Ambon – Kipiawaian-nya menjelajahi laut Maluku hingga ke perairan Timur Leste dengan menggunakan  jet ski, membuat  Kapolda Maluku Irjen Royke Lumowa ditetapkan sebagai penerima penghargaan Rekor Museum Republik Indonesia (MURI).

Pemberian penghargaan ini diberikan MURI  tepat pada malam pergantian tahun baru 2020, di Kota Ambon, Selasa (31/12/2019).

Penghargaan diberikan oleh perwakilan MURI kepada jenderal polisi kelahiran Sulawesi Selatan, 16 September 1962 di lapangan Merdeka Ambon. Kapolda Maluku  memecahkan rekor MURI setelah menempuh jarak 2.500 kilometer dengan jet ski beberapa pekan yang lalu.

Manager Operasional MURI Andre Purandono mengatakan, kegiatan menjelajahi perairan Maluku hingga ke Timor Leste yang dilakukan mantan Kakorlantas Polri ini, dengan jet ski tidak pernah dilakukan oleh siapapun di Indonesia bahkan dunia.

Menurut Purandono, penghargaan itu diberikan kepada Kapolda Maluku setelah pihaknya melakukan verifikasi ke Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Gubernur Maluku, Murad Ismail.

“Belum pernah ada orang yang mampu melakukan hal ini. Kami sudah cek di Indonesia bahkan di dunia belum ada seperti beliau sehingga aksi Kapolda Maluku ini juga sekaligus memecahkan rekor dunia,” katanya.

Sementara itu Royke mengaku, tidak menyangka kalau aksinya akan memecahkan rekor MURI. Kata dia, apa yang dilakukan itu hanya karena kecintaannya terhadap laut.

“Saya baru tahu ketika dihubungi Pak Walikota, kalau saya akan mendapatkan penghargaan dari MURI,” ujarnya.

Kapolda Maluku, perjalanan yang dilakukan dengan jet ski hanya untuk menikmati keindahan alam Maluku.

Selian MURI, sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon juga memastikan akan memberikan penghargaan yang sama kepada Kapolda Maluku.

“Pemkot Ambon akan memberikan penghargaan kepada Irjen Pol Royke Lumowa selaku warga Kota Ambon yang telah menjelajah pulau-pulau di Maluku dengan menggunakan jetski,” ungkap Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy kepada wartawan di Ambon, Senin (30/12/2019).

Dijelaskan, langkah yang telah dilakukan Irjen Pol Royke Lumowa tersebut merupakan hal yang luar biasa dan baru pertama kali dilakukan oleh warga Kota Ambon.

“Sikap tersebut patut diteladani karena menujukkan komitmen yang tinggi dan kecintaan pada wilayah Maluku,” jelasnya.

Seperti diketahui, perjalanan Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa dimulai pada Senin (25/11/2019) pukul 15.00 WIT dari Pelabuhan Direktorat Polisi Perairan Polda Maluku di Kelurahan Lateri, Kecamatan Teluk Ambon Baguala, Kota Ambon menuju Pulau Banda di Maluku Tengah.

Setelah bermalam di Banda, esok harinya, sekitar pukul 07.00 WIT, ia melanjutkan perjalanan ke Pulau Kur di wilayah Kota Tual, menempuh jarak sekitar 137 mil laut dari Pulau Banda.

Dari Pulau Kur, Irjen Pol Lumowa menempuh jarak 51 mil laut menuju Kota Tual. Ia pun tiba di Kota Tual pukul 14.30 WIT dan bermalam.

Perjalanan patroli laut menggunakan jetski kemudian dilanjutkan dari Kota Tual esok harinya menuju Pulau Larat, kemudian ke Saumlaki – Kabupaten Kepulauan Tanimbar hingga Pulau Babar, Pulau Moa, Pulau Wetar, dan Pulau Liran di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Selanjutnya dari wilayah Maluku Barat Daya, yang merupakan wilayah terluar Indonesia, Irjen Pol Royke Lumowa menempuh perjalanan langsung menuju Kota Ambon selama lebih dari 10 jam. (BB-DIO)