BERITABETA.COM, Ambon - Sejumlah daerah di Provinsi Maluku diperkirakan akan terkena dampak cuaca buruk hingga 17 Februari 2022 mendatang. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai dampak cuaca buruk itu.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura-Ambon, Kamari mengatakan, cuaca buruk bisa menyebabkan penurunan jarak pandang, pohon tumbang, serta bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

"BMKG memperkirakan, hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat dapat disertai petir dan angin kencang hingga 17 Februari 2022 berpeluang terjadi di wilayah Ambon, Buru, Buru Selatan, Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Tual, Maluku Tenggara, Maluku Barat Daya, Kepulauan Tanimbar, dan Kepulauan Aru," kata Kamari di Ambon, Sabtu (12/2/2022).

Ia menjelaskan, anomali suhu permukaan laut yang dalam satu pekan terakhir terjadi di sekitar wilayah perairan Maluku dan kelembaban udara di wilayah Maluku mengindikasikan adanya tambahan suplai uap air di sekitar wilayah tersebut.

Selain itu, ia mengatakan, gelombang Kelvin dan Rossby yang terpantau aktif di wilayah Maluku menandakan adanya aktivitas konveksi di atmosfer yang berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan awan hujan (*)

Sumber : Antara