BERITABETA.COM, Ambon –   Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara menggelar launching (peluncuran) Rumah Cahaya Berdaya dan Rumah Sehat di Ambon, Minggu (01/3/20).

Kegiatan launching dilangsungkan di halaman SMP Negeri 14 Ambon dihadiri Manager Bidang Pendistribusian dan Pemberdayaan YBM PLN Pusat Riki Bagus Santoso, General Manager PLN UIW Maluku dan Maluku Utara Romantika Dwi Juni Putra dan Ketua YBM  PLN UIW MMU Jusuf Irpan Khouw.

Dalam sambutannya, Riki Bagus menjelaskan kegiatan lounching Rumah Cahaya Berdaya dan Rumah Sehat yang dilakukan ini, merupakan bentuk dari memperluas jejak manfaat, dimana dana zakat yang diamanatkan para muzakir dapat memberikan manfaat kepada para mustahid dan penerima manfaat.

Riki mengatakan, kunjungannya di Ambon kali ini dilakukan dalam rangka mengikuiti tiga agenda penting yang digagas YBM PLN Maluku- Maluku, masing-masing, kegiatan lounching Rumah Cahaya Berdaya, Pembukaan Servis Peralalatan Elektronik dan kegiatan yang ketiga adalah pembinaan bagi penerima Beasiswa Cahaya Pintar.

“Jadi setelah ada Rumah Cahaya Berdaya, YBM juga akan punya Komunitas Generasi Cahaya Pintar (Gencar). Gencar ini akan menghimpun para alaumni penerima program Beasiswa Cahaya Pintar,” tandasnya.

Sehingga, kata dia,  YBM tidak hanya memberi ilmu, tapi juga memberikan tambahan keahlian sampai ke modal kepada adik-adik penerima beasiswa untuk mengembangkan keahliannya.

Sementara itu, General Manager PLN UIW Maluku dan Maluku Utara Romantika Dwi Juni Putra dalam kesempatan itu mengungkapkan, tujuan YBM adalah untuk memberdayakan umat dan juga meningkatkan ekonomi umat.

“Ini sejalan dengan misi PLN yang dua diantaranya adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendorong perekonomian,” kata Romantika Dwi.

General Manager PLN UIW Maluku dan Maluku Utara Romantika Dwi Juni Putra memberikan sambutan pada kegiatan lounching Rumah Cahaya Berdaya dan Rumah Sehat di Ambon, Minggu (01/3/20).

Menurutnya, program YBM juga selaras dengan kondisi daerah Maluku terkait kemiskinan di daerah ini, sehingga kehadiran YBM di UIW Maluku dan Maluku Utara sangat membantu dan menopang program pemerintah dalam hal pengurangan angka kemiskinan.

“Dari data statestik kita ketahui Maluku termasuk rangking ke-3 daerah termiskin di Indonesia, artinya program berupa Rumah Cahaya Berdaya dan Rumah Sehat ini cukup membantu, dalam hal meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Selain me-launching program Rumah Cahaya Berdaya dan Rumah Sehat, kegiatan YBM di UIW Maluku dan Maluku Utara ini juga dirangkai dengan penyerahan bantuan peralatan servis elektronik, pembagian sembako dan gerobak berkah.

Usai kegiatan penyerahan bantuan kepada penerima manfaat, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peresmian Rumah Cahaya Berdaya yang berlokasi di kawasan Kebun Cengkih Ambon, tepatnya di depan gedung SMP Negeri 14 Ambon.

Kegiatan peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Manager Bidang Pendistribusian dan Pemberdayaan YBM PLN Pusat Riki Bagus Santoso  didampingi General Manager PLN UIW Maluku dan Maluku Utara Romantika Dwi Juni Putra dan Ketua YBM  PLN UIW MMU Jusuf Irpan Khouw serta sejumlah pegawai PLN UIW Maluku dan Maluku Utara (BB-DIO)