BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 8 unit rumah di Desa Manggis, Kecamatan Seram Timur [Sertim], Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] rusak akibat cuaca ekstrim berupa gelombang pasang dan angin kencang yang terjadi satu bulan terakhir ini.

Salah satu warga Desa Manggis, Husein Binsyeh Abubakar saat dihubungi beritabeta.com dari Bula, Jumat (10/02/2023) mengungkapkan, dari jumlah tersebut 3 diantaranya rusak berat dan 5 mengalami rusak ringan.

"Rumah yang rusak total ada 8 unit. 3 unit rumah itu rusak berat dan 5 unit rumah rusak ringan," ungkap Husein Binsyeh Abubakar.

Husein membeberkan, gelombang pasang dan angin kencang yang menghantam rumah-rumah warga di pesisir pantai ini sudah berlangsung sejak 1 Januari 2023.

Dia mengaku, puncaknya pada Kamis malam, amukan gelombang dan angin yang dasyat mengakibatkan rumah warga dan talud rusak.

"Memang kejadian kemarin malam itu yang dasyat. 8 unit rumah di pesisir pantai itu terdampak semua," bebernya.

Ia berujar, masyarakat saat ini hanya pasrah dengan keadaan, sambil memperbaiki kerusakan rumah-rumah mereka.

Untuk itu, dia sangat berharap agar Pemerintah Kabupaten [Pemkab] SBT bisa terlibat untuk membantu memperbaiki kerusakan rumah warga yang terdampak.

"Harapan kami semoga Pemda bisa melihat secara lansung atau ada bantuan untuk rumah walau pun sederhana. Kalaupun tidak bisa, setidaknya diupayakan talut pemica ombak yang mampu," harapnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi