BERITABETA.COM, Ambon – Idul Adha juga dirayakan oleh Batutua PT. Temba ga Raya (BTR), perusahaan pertambangan tembaga Pulau Wetar, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). Acara dilangsung bersama para karyawan dan masyarakat lingkar tambangnya. Sholat Ied dilakukan di Masjid Al Husnah di lingkungan perusahaan, dan penyembelihan hewan qurban di Desa Lurang.

Humas Batutua dalam rilisnya yang diterima beritabeta.com, Senin (12/8/2019) menyebutkan, hewan qurban seluruhnya ada tujuh ekor sapi dan tiga eko kambing. Hewan-hewan itu adalah qurban para karyawan dan satu sapi diantaranya adalah sumbangan dari BTR.

Semua hewan qurban telah disembelih, dan dagingnya langsung dibagikan kepada 210 keluarga  yang pantas menerimanya di Desa Lurang dan Kampung Baru. Masing-masing mendapat 2,5 Kilogram.

Sementara sebelumnya, bertindak sebagai imam sholat ied adalah Ustadz Mukhtar Likur. Dia adalah pimpinan Pondok Pesantren Al Qur’an di Alor.

Dalam kutbahnya, Ustadz Mukhtar mengungkap bahwa sejarah Nabi Ibrahim dan Ismail, putranya, yang menjadi latar belakang ibadah qurban adalah contoh bagaimana orang tua membina anaknya. Menurutnya, hal pertama dan terpenting mendidik anak adalah menanamkan ketakwaan pada Allah.

Sebab, lanjut Ustadz Mukhtar, takwa kepada Allah akan menjadi benteng yang kuat ketika anak tumbuh remaja kemudian dewasa. Apalagi pada jama sekarang yang disebut jaman kemajuan tapi nyatanya menawarkan gangguan dan ajakan untuk menjauh dari hidup berlandaskan agama dan moral kemanusiaan. Bila tidak ditanamkan takwa sejak kecil maka anak akan muda terbawa pada kehidupan serba demi dunia yang menghalalkan segala cara tidak terpuji. (BB-DIO)