BERITABETA.COM - Perayaan Hari Raya Idul Adha  dan Pelaksanaan Kurban, sudah menjadi rutinitas setiap tahun bagi umat muslim di dunia. Tahun ini meski dalam kondisi pandemic Covid-19, di Indonesia, perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hujriah tetap berjalan dalam kondisi hikmat.

Salah satu kebiasaan dari pelaksanaan Idul Adha adalah penyerahan hewan kurban ke sejumlah masjid di tanah air.  Tak ketinggalan setiap tahunnya Presiden Republik Indonesia selalu membeli sapi untuk dijadikan hewan kurban.

Melalui Sekretariat Istana Kepresidenan, hewan-hewan kurban itu kemudian disalarkan ke sejumlah daerah. Namun ada yang menarik untuk disimak, selain dari sisi Kesehatan hewan, yang paling menonjol dari hewan kurban pemberian para presiden ini adalah soal bobot berat.

Berikut deretan sapi-sapi kurban super berat yang pernah disalaurkan di masa dua Presiden RI masing-masing Presiden SBY dan Jokowi dikutip dari okezone.com :

1. Sapi Kurban Seberat 1,8 Ton dari Presiden SBY

Sapi seberat 1,8 ton (1800 kg) ini diserehkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersamaan dengan sapi milik Wakil Presiden Boediono tepatnya pada Hari Raya Idul Adha 1431 H Tahun  2010.  Sapi sumbangan Presiden dan Wapres RI memiliki bobot yang fantastis. Kedua pimpinan negara ini menyerahkan sapi dengan berat sekitar 1,8 ton (milik Bapak SBY) dan 1,2 ton (milik Bapak Boediono) ke panitia kurban Masjid Istiqlal.

Masjid Istiqlal Jakarta yang pada saat itu telah menerima 17 ekor sapi dan 312 ekor kambing, mendapatkan secara simbolis dua ekor sapi super milik Presiden dan Wakil Presiden yang diwakili oleh Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal.

2. Sapi Limosin 1,7 Ton dari Presiden Jokowi

Masjid Istiqlal kembali menerima sapi sebagai hewan kurban yang diserahkan RI 1. Sapi ini berupa jenis limosin dengan berat 1,7 ton yang disumbangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2019.

Berbarengan dengan sapi pemberian Wakil Presiden Jusuf Kalla yang seberat 1,2 ton, jenis sapi limosin kedua pimpinan negara ini berusia 3,5 tahun. Pada pelaksanaan kurban di tahun itu, terdapat beberapa tokoh lain yang menyalurkan hewan kurban ke Masjid Istiqlal, antara lain Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

3. Terbesar se-Indonesia, Jokowi Salurkan Sapi Kurban 1,3 Ton untuk NTB dan Sumbar

Menyambut kurban di Hari Raya Idul Adha 1441 H, Presiden Jokowi memberikan sapi jenis simental seharga Rp 130 juta. Sapi yang disumbangkan kepada masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat itu dinobatkan sebagai sapi kurban terbesar se-Indonesia di tahun itu, dengan bobot 1,3 ton. Sapi yang dibeli dari warga Desa Sukamulia, Lombok Timur itu sudah lolos proses seleksi dan pengecekkan kesehatan oleh Balai Besar Veteriner (BBVET) Denpasar.

Di lain daerah, sapi kurban jenis simental seberat 1,3 ton juga diamalkan oleh Presiden Jokowi untuk disembelih di Masjid Raya Sumbar, Sumatera Barat pada Hari Raya Idul Adha 1442 H. Sapi ini dikabarkan bernama Macan Sumatera, yang berasal dari Nagari Gadut.