BERITABETA.COM, Ambon – Komitmennya untuk membantu masyarkat di dapilnya tidak diragukan lagi. Di Hari Raya Idul Adha 2020, Anggota DPR RI Dapil Maluku, Saadiah Uluputty ST, mengaku telah menyalurkan sebanyak 6 ekor hewan kurban berupa sapi.

Bantuan berupa 6 (enam) ekor sapi tersebut disalurkan olehnya di enam lokasi berbeda pada tiga kabupaten/kota di Maluku.

Kepada media ini, Minggu (2/8/2020) Saadiah menyebut,  penyaluran bantuan ini selain untuk mengisi kegiatan reses, juga merupakan komitmennya untuk senantiasa membantu masyarakat di dapilnya.

“Alhamdulillah dapat diberi kemudahan untuk menyalurkan 6 ekor sapi hewan kurban  pada idul kurban tahun ini,” kata Saadiah.

Dalam kegiatan ini, hewan kurban tersebut diserahkan Saadiah secara simbolis di Galunggung, Desa Batu Merah, Kota Ambon pada Jumat (30/7/2020). Lokasi sebaran di Kota Ambon, selain di Galunggung, juga  di Mesjid Alanshar Poka.

Selain di dua tempat itu, hal serupa juga dilakukan di Negeri Lima Kecamata  Leihitu, Tanah Merah Desa Liang, Kecamatan Saluhutu Kabupate Maluku Tengah dan Dusun  Liaela Desa Luhu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Dirinya mengakui jika hewan kurban yang diberikannya tidak sebanding dengan banyak permintaan di berbagai lokasi di Maluku.

“Kami belum dapat memenuhi semuanya, karena jumlahnya terbatas. Semoga Idul Kurban tahun depan jumlah yang disalurkan lebih meningkat,” ungkap politisi PKS ini.

Saadiah mengatakan, dampak pandemi Covid-19 di Maluku  ikut memukul ekonomi masyarakat secara luas. Maka penyaluran hewan kurban yang dilakukan oleh banyak komponen, selain menjalankan kewajiban bagi kalangan muslim yang mampu tapi sekaligus mewujudkan empati dan peduli bagi masyarakat.

“Banyak kalangan yang ikut menyalurkan hewan kurban. Momentum Idul kurban sangat baik. Daging kurban dapat disalurkan pada penerima dari kelompok miskin dan rentan secara ekonomi. Ini cara kita berempati,” kata  Saadiah.

Baginya, kesadaran berkurban yang dilakukan perorangan maupun berkelomppok  juga sebagai manifestasi ungkapan syukur atas karunia dan pemberian nikmat yang dirasakan.

“Yang memiliki kemampuan berkurban tentu diberi karunia lebih. Maka ungkapan kesyukuran tersebut sejatinya ditunjukan. Berkurban pada momen Idul Adha adalah salah satu wujudnya,” tandas Anggota Komisi VII ini (BB-AHM)