BERITABETA.COM, Ambon - Pelaksanaan perintah berkurban mengajarkan manusia untuk tidak menjadikan kecintaan kepada hal-hal yang bersifat duniawi. Baik itu berupa keluarga, harta benda bahkan jiwa yang dianggap segala-galanya, hingga menjadikannya sebagai alasan pembenaran untuk berbuat dzalim, serta aniaya kepada sesama.

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama atau Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin saat menyampaikan khotbah di hadapan jamaah Sholat Idul Adha di Masjid Raya Al Buuruj Namela, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku, Minggu, (10/07/2022).

Kakanwil menegaskan, risalah kurban adalah perintah untuk memangkas sifat-sifat kebinatangan pada diri manusia.

"Semoga Allah SWT membukakan hati kita, hati saudara kita, hati para pemimpin kita, untuk meresapi makna perjuangan dan pengorbanan untuk menciptakan kesejahteraan bagi sesama, sehingga cita-cita untuk mewujudkan negeri yang adil dalam kemakmuran, dan makmur dalam keadilan dapat tercapai,"ujarnya.

Ia menyatakan, ibadah kurban mengajarkan ketulusan dan kepatuhan kepada Allah SWT dalam segala amal dan perbuatan. Seberat apapun perintah Allah akan dikerjakan dengan patuh dan taat, tidak ada tawar-menawar, apalagi menolaknya.

Hal dimaksud, lanjut Kakanwil, telah dibuktikan oleh Nabi Ibrahim a.s, Nabi Ismail a.s, dan Sitti Hajar. Olehnya itu Kakanwil Kemenag Maluku mengajak agar umat muslim dapat belajar dari sifat Nabi Ibrahim a.s, dan Sitti Hajar serta Nabi Ismail a.s.

“Keyakinan yang mendalam bahwa keputusan Allah adalah yang terbaik bagi hamba-Nya, dan harapan yang kuat yakni janji Allah pasti akan ditepati. Allah tidak akan pernah menelantarkan hamba-Nya telah menguatkan hati mereka untuk melakukan pengorbanan yang sangat mahal,” tandasnya.

Di kesempatan ini, Kakanwil Kemenag Maluku juga menyampaikan permohonan maaf, serta mengucapkan selamat kepada seluruh umat muslim Maluku yang merayakan Idul Adha 1443 H.

“Semoga momen ini akan mempersatukan umat di negeri ini,” harap Yamin, sembari mengajak seluruh masyarakat agar tetap bersatu untuk membangun Maluku.

Hadir dalam Sholat Idul Adha di Masjid Raya Al Buuruj yaitu Gubernur Maluku Murad Ismail, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail Penjabat Bupati Buru Djalaludin Salampessy, Sekda Provinsi Maluku Sadli Ie, Ketua MUI Maluku Abdullah Latuapo, serta Jajaran Forkopimda Kabupaten Buru, Organisasi Kepemudaan, dan para Tokoh Masyarakat di Namlea.

Penyaluran Hewan Kurban

Usai sholat Ied dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban oleh Gubernur Maluku Murad Ismail kepada pengurus atau pengelola Masjid Al Buuruj Namlea.

Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru, Abdul Gani Wael juga ikut menyerahkan hewan kurban kepada  pengurus Masjid Al Buuruj Namlea.

Penyerahan hewan kurban tersebut diterima langsung oleh Imam Masjid Al Buuruj, La Ode Badwi, yang turut dihadiri Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Buru, Sahmidar A. Sale. Penyerahan hewan kurban berlangsung di pelataran Masjid Al Buuruj.

Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, H. Yamin, bersama Kepala kankemenag Kabupaten Buru Abdul Gani Wael, saat mengikuti penyerahan hewan kurban oleh Gubernur Maluku, Irjen Polisi (Purn) H. Murad Ismail, dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail di Masjid Al Buuruj Namlea, Minggu (10/07/2022).
Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, H. Yamin, bersama Kepala kankemenag Kabupaten Buru Abdul Gani Wael, saat mengikuti penyerahan hewan kurban oleh Gubernur Maluku, Irjen Polisi (Purn) H. Murad Ismail, dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail di Masjid Al Buuruj Namlea, Minggu (10/07/2022).

Momentum Idul Adha kali ini, ASN yang tersebar pada satker Kankemenag dan Kantor Urusan Agama di Kabupaten Buru menyalurkan tiga ekor hewan kurban untuk dibagikan kepada masyarakat.

Imam Masjid, Al Buuruj La Ode Badwi menyebut, tahun ini pihaknya menerima 9 ekor hewan kurban.

"Selanjutnya hewan kurban ini akan disembelih, kemudian dagingnya dibagikan kepada masyarakat di Namlea yang berhak menerimanya," terangnya.

Usai di Masjid Alburuj, Gubernur Maluku dan rombongan termasuk Kakanwil Kemenag Maluku melakukan kunjungan ke lapas Namlea. Disini gubernur menyalurkan 1 ekor sapi [hewan kurban] kepada para tahanan di lembaga pemasyarakatan tersebut. (*)

 

Editor : Samad Vanath Sallatalohy