BERITABETA.COM, Ambon - Personil Brimob Polda Maluku melakukan  pembersihan sejumlah lokasi yang terdampak bencana longsor di Kota Ambon.

Aksi bakti sosial ini dilakukan dengan memindahkan material longsor dan pohon tumbang yang menutup beberapa rumah dan jalan di kawasan pemukiman warga di di kota Ambon, Snin (11/7/2022).

Brimob Maluku mengerahkan tim search and rescue (SAR) Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku di beberapa lokasi yang meliputi kawasan Air Besar, Desa Passo, Kecamatan Baguala.

Mereka membersihkan sisa-sisa material longsor menggunakan peralatan seperti cangkul, sekop, dan parang.

"Tim sudah diturunkan dan langsung membersihkan material longsor dan pohon tumbang terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur kota Ambon dan sekitarnya," kata Danki 4 Batalyon A Pelopor, AKP. Nur Saleh kepada media ini.

"Kurang lebih 1 jam tim gabungan bersama membersihkan bekas longsoran," ujarnya.

Menurut Saleh, pihaknya saat ini siaga penuh untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi akibat cuaca ekstrim. Kesiapsiagaan yang dilakukan saat ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam menghadapi bencana.

"Semoga dengan kehadiran kami, masyarakat merasa terbantu. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat seperti Moto Korps Brimob Polri, "Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan," jelasnya.

Selain itu, kata Saleh, kegiatan SAR  merupakan salah satu bentuk bakti dari Satuan Brimob Polda Maluku dalam upaya menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat.

"Ini wujud bakti Sat Brimob Polda Maluku untuk menciptakan rasa aman, nyaman dan kedekatan emosional antara Brimob dengan masyarakat," pungkasnya.

Pewarta : Febby Sahupala