BERITABETA.COM, Ambon  - Sebanyak 217 hewan kurban disalurkan Pemerintah Provinsi [Pemprov] Maluku dan Pemerintah Kota [Pemkot] Ambon, di empat daerah untuk perayaan Idul Adha 1433 Hijriah.

Empat daerah ini meliputi Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, dan Kabupaten Buru Selatan.

Bantuan hewan kurban Pemprov Maluku pada 2022 telah diserahkan kepada panitia Hari Raya Kurban di masing-masing daerah,” kata Kepala Biro Kesra Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Maluku Aji Muhammad di Ambon, Kamis (7/7/2022).

Pemprov Maluku pada tahun 2022 menyerahkan 157 ekor hewan kurban yang terdiri atas 105 sapi, dan 52 kambing kepada berbagai masjid di daerah itu.

Ia menyatakan penyerahan bantuan hewan kurban tahun ini dilakukan secara bersamaan antara Pemprov Maluku dan Pemkot Ambon.

"Upaya ini dilakukan bersama dimaksudkan agar penyaluran hewan kurban menyebar merata ke lokasi dan tidak hanya fokus ke satu atau beberapa titik, " katanya.

Upaya ini, juga bentuk kepedulian Pemprov Maluku dan Pemkot Ambon kepada masyarakat yang berhak menerima hewan kurban.

Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Ambon Fenly Masawoy menyatakan hewan kurban yang diserahkan Pemkot Ambon kepada berbagai masjid di daerah itu berjumlah 60 ekor yang terdiri atas 30 sapi dan 30 kambing.

"Hewan kurban akan disalurkan ke masjid di Kota Ambon, yang akan dimulai hari ini hingga H-1 Idul Adha," katanya.

Ia menambahkan permintaan bantuan hewan kurban setiap tahun selalu bertambah, namun kemampuan anggaran pemkot terbatas sehingga akan diatur secara bijak pada masa mendatang.

"Kita bersyukur kali ini penyaluran hewan kurban dilakukan bersamaan agar tidak tumpang-tindih, pemerataan dan semakin banyak panitia yang menerima hewan kurban," katanya (*)

Sumber : Antara