BERITABETA.COM, Ambon - Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdatul Ulama (LKKNU) Provinsi Maluku dan Kepala Dinas Nakertrans Endang Diponogoro mewakili Pemprov Maluku, menyalurkan hewan kurban kepada Pondok Pesantren Al-Anshar Pinang Putih, Hative Kecil, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Sabtu (17/07/2021).

Dua ekor hewan kurban yang diserahkan di Pondok Pesantren Al-Anshar Pinang Putih itu masing-masing satu ekor dari LKKNU Provinsi Maluku, dan satunya dari Pemprov Maluku. Hewan kurban ini nanti disembelih di Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021.

Pelaksana Tugas Kadis Nakertrans provinsi Maluku Endang Diponogoro menyerahkan hewan kurban kepada Ketua LKKNU Maluku, Mumin Refra, seterusnya diserahkan kepada Pimpinan Pondok Pesantren Al Anshar, Ustad Abdurahman Tuanaya.

Dalam kesempatan ini Ketua LKKNU Maluku Mumin Refra menuturkan, hewan kurban yang disalurkan adalah bantuan dari LKKNU Maluku dan Pemprov Maluku.

"Berkurban adalah wujud nyata bagi setiap umat muslim. Selaku Ketua LKKNU Maluku, saya berterima kasih kepada Pemprov Maluku melalui Dinas Nakertrans yang telah memberi bantuan sapi kepada LKKNU Maluku, dimana hari ini bersama Kadis Nakertrans kita sama-sama menyerahkannya kepada Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anshar Pinang Putih,"ujarnya.

Ketua Fraksi Pembangunan Bangsa DPRD Provinsi Maluku ini menyebut, Idul Adha tahun ini LKKNU Maluku.menyerahkan dua ekor (sapi) hewan kurban. Satu di Pondok Pesantren dan satunya akan disembelih di Sekretariat LKKNU Maluku di Ambon.

Dia berharap hewan kurban setelah disembelih, dapat dibagikan secara maksimal kepada para kaum mustahiq atau orang yang berhak menerimanya.

"Seperti para yatim, janda dan unsur-unsur lain yang berhak menerima hewan kurban,” harap Muin yang juga Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Alumni PMII Maluku ini.

Diakuinya, kondisi pandemi Covid-19 saat ini tidak menurunkan tingkat kesadaran umat dan pemerintah dalam merespon hal-hal aktual dan sosial yang terjadi setiap hari.

"Kita berdoa semoga Allah SWT dengan segala kekuasaan- Nya segera menghentikan setiap musibah yang menimpa Indonesia dan khusunya lagi di wilayah Provinsi Maluku,"harapnya.

Kadis Nakertrans Endang Diponogoro menyebut, tahun ini melalui Majelis Taklim, Disnakertrans Maluku bersama Dharma Wanita, menyumbang dua ekor hewan kurban (sapi).

“Satu ekor untuk Pondok Pesantren Al-Anshar Pinang Putih Kota Ambon, dan satu di Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah,” ucap Endang dalam kesempatan yang sama.

Sementara itu, Ustad Abdurahman Tuanaya, Pimpinan Pesantren Al-Anshar sangat berterima kasih kepada LKKNU Maluku dan Pemprov yang telah memberikan bantuan hewan kurban kepada pondok pesantren yang kini sudah punya 115 orang santri (2018-2021).

Ustad Abdurrahman memastikan hewan kurban tersebut setelah disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1442 H, seterusnya dibagikan kepada kaum mustahiq (orang yang berhak).

Atas nama Pimpinan Pondok Pesantren, Ustad Abdurrahman menyampaikan terima kasih kepada LKKNU Maluku dan Pemprov Maluku yang sudah memberi kepercayaan bagi Pesantren Al-Anshar untuk melanjutkan amanah ini kepada kaum mustahiq.

“Niat baik LKKNU Maluku dan Disnakertrans Pemprov Maluku ini semoga menjadi ibadah di mata Allah SWT, dan amal ibadah bagi penyumbang," pungkas Ketua PW Lembaga Dakwah NU Maluku ini. (BB-RED)