BERITABETA.COM, Ambon - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku akan menyembelih sebanyak 130 ekor hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah yang akan jatuh pada hari Selasa (20/7/2021).

Ratusan ekor hewan yang akan dikurbankan itu terdiri dari 80 ekor sapi dan 50 ekor kambing. Hewan-hewan ini telah diperiksa kesehatannya dan kemudian diserahkan ke masyarakat melalui pengurus masjid dan sejumlah organisasi Islam di daerah ini.

"Terkait penyerahan hewan-hewan kurban ini ke masyarakat, terlebih dahulu dikoordinasikan dengan Bapak Gubernur dan Pak Sekda. Sebagiannya sudah diserahkan dari kemarin sampai dengan hari ini," kata Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Provinsi Maluku, Drs. A.H. Muhamad di Ambon, Minggu (18/7/2021).

Selain itu, pihaknya juga menyalurkan bantuan hewan kurban dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dan hewan kurban dari Gubernur Maluku Murad Ismail.

"Ada juga hewan kurban dari Bapak Presiden dan Gubernur, yang akan kami bantu menyalurkannya ke masyarakat," kata Muhammad.

Hewan kurban dari Presiden yakni sapi jenis Brahman dengan berat 900 kilogram, berasal dari Kabupaten Buru. 

Ia mengatakan, hewan kurban dari Presiden untuk tahun ini bobotnya meningkat 100 kilogram, dibanding tahun 2020 yang mencapai 800 kilogram.

Sementara hewan kurban dari Gubernur Maluku yakni sapi dengan bobot seberat 800 kilogram, dan didatangkan dari Kabupaten Seram Bagian Barat.

"Hewan kurban dari Presiden akan diserahkan besok di Masjid Raya Al-Fatah Ambon, sementara hewan kurban Gubernur tadi telah kami serahkan di Masjid Hasan Sulaiman Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah," tandasnya (*)

Pewarta : Feby Sahupala