BERITABETA, Ambon – Hingga, Sabtu 13 Oktober 2018, sudah terdapat sebanyak 1.739 orang pendaftar Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Pemkot Ambon memastikan jumlah ini akan terus bertambah hingga masuk deadline waktu yang ditetapkan besok 15 Oktober 2018.

“Sampai hari ini jumlah pendaftar di Pemkot Ambon mencapai 1.739 orang, kita memastikan jumlahnya akan terus meningkat hingga hari terakhir pendaftaran CPNS,” kata Kepala Badan Kepegawaian Kota Ambon, Benny Selanno di Ambon, Sabtu (13/10/2018)

Ia mengatakan, kuota CPNS kota Ambon pada 2018 sebanyak 231 orang yakni formasi umum 215 orang , formasi khusus honorer Kategori dua (K2) sebanyak 11 formasi.

Penerimaan CPNS kota Ambon dikelompokan rincian formasi yakni, formasi khusus putra/putri lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (cumlaude) sebanyak tiga formasi, formasi khusus penyandang disabilitas sebanyak dua orang.

“Kuota CPNS kota Ambon sebanyak 231 orang, 11 diantaranya honorer K2 dan sisanya untuk formasi guru, tenaga medis dan tenaga teknis lainnya,” katanya.

Benny mengakui, para pendaftar umunya melakukan pendaftaran tidak mencantumkan jabatan, bahkan ada jabatan tetapi tidak ada pelamar, tetapi memenuhi kuota.

“Para pelamar yang yang telah mendaftar sebagian besar untuk formasi tenaga kesehatan, dan pendidikan,” ujarnya.

Diakuinya, proses tes akan menggunakan sistem gugur, sehingga pelamar dapat langsung mengetahui hasil tes.

“Proses tes akan dilakukan secara online dan sistemnya gugur, setelah tes para pendaftar dapat mengetahui hasilnya, ” kata Benny.

Pihaknya berharap, setelah penutupan pendaftaran CPNS para pendaftar dapat mempersiapkan diri mengikuti seleksi, guna memenuhi formasi jabatan yang telah ditetapkan.

“Jika dalam proses seleksi ada pelamar yang tidak memenuhi jabatan yang ada, kami akan mengusulkan agar dapat dialihkan formasinya,” tandasnya (BB/ANT)