BERITABETA.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi bonus dengan jumlah total sebesar Rp289 miliar ke pada seluruh atlet, pelatih dan asisten pelatih yang telah meraih medali emas, perak, dan perunggu di ajang olahraga SEA Games 2023 Kamboja di Istana Merdeka Jakarta, Senin (5/6/203).

Presiden juga bertemu dengan seluruh pemain tim U-22 Indonesia beserta jajaran pelatih yang dipimpin pelatih Indra Sjafri datang ke Istana Merdeka dan didampingi Ketua Umum Erick Thohir, Waketum Zainudin Amali dan Manajer Tim Sumardji .

Presiden Jokowi mengapresiasi capaian tim U-22 Indonesia yang sukses meraih medali emas. Prestasi ini sudah dinantikan masyarakat Indonesia sejak puluhan tahun.

"Dan juga tim sepakbola yang sudah 32 tahun nggak pernah kita itu dapat emas, nggak dapet, 32 tahun nggak pernah dapet emas, ini dapet," kata Jokowi dikutip dari laman resmi PSSI.

Presiden Jokowi menyarankan kepada seluruh penerima bonus SEA Games untuk menggunakan uang bonus sebagai investasi jangka panjang.

"Saya pesan, saya titip bonus ini dimanfaaatkan sebaik-baiknya utamanya untuk investasi jangka panjang, jangan dibelikan barang mewah yang tidak bermanfaat," kata Presiden Jokowi.

Presiden mengatakan apabila uang bonus digunakan untuk investasi atau barang bernilai investasi tinggi yang bersifat jangka menengah hingga panjang, maka nilainya akan terus naik.

"Kalau beli mobil sekarang, tahun depan dijual sudah jadi separuh (nilainya). Bedanya di situ investasi dan bukan investasi. Saya titip di situ karena perjuangan saudara-saudara masih panjang," ujar dia.