BERITABETA.COM, Ambon – Persipura melaju ke fase 32 Besar Piala Indonesia 2018 setelah mengalahkan tim Liga 3, Pelauw Putra dengan skor 2-0, Selasa (18/12/2018) siang WIB.

Klub Liga 3 asal Provinsi Maluku ini menjamu Persipura di Stadion Mandala Remaja, Karang Panjang, Kota Ambon untuk laga perenutan tiket fase 32 Besar Piala Indonesia 2018. Pada babak 62 besar ini, Persipura turun dengan perpaduan pemain muda dan pilar senior.

Dua gol kemenangan skuat Mutiara Hitam dicetak oleh Marsel Alexander Kararbo pada menit ke-34 dan Gunansar Papua Mandowen (37’). Meski berstatus tim non-unggulan di Piala Indonesia 2018, Pelauw Putra diluardugaan bermain agresif dan berani menyerang ke jantung pertahanan Persipura.

Persipura mendapatkan beberapa peluang pada menit awal laga melalui Elisa Basna, sayang eksekusi akhir dan kondisi lapangan membuat Persipura gagal menciptakan gol.

Pelauw Putra juga tidak mau kalah, berulang kali para pemain tuan rumah bisa mengobrak-abrik pertahanan Persipura. Namun, umpan pada sepertiga lapangan dari para pemain Pelauw Putra yang kurang baik menjadikan peluang gagal menjadi gol. Pertandingan cenderung berlangsung dengan tempo lambat di babak pertama.

Kedua berhati-hati dan membaca kekuatan lawan. Persipura akhirnya mencetak gol pertama melalui sundulan Marsel Alexander Kararbo yang gagal diantisipasi kiper Pelauw Putra. Unggul satu gol, pemain Persipura lebih berani untuk bermain spekulasi dengan sepakan jarak jauh.

Lawannya, Pelauw Putra, juga bermain lebih terbuka sejak kebobolan, tetapi buruknya penyelesaian akhir membuat mereka gagal memaksimalkan peluang. Pemain Persipura, Gunansar Mandowen akhirnya menghukum renggangnya lini belakang Pelauw Putra jelang akhir babak pertama.

Sepakan keras Gunansar yang melengkung gagal diantisipasi oleh kiper Pelauw Putra. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan tim tamu dan skor itu bertahan sampai jeda serta akhir laga.

Pelatih Persipura Alan Haviluddin, mengatakan timnya sempat kesulitan pada awal-awal pertandingan. ”Pemain sempat terlihat kesulitan di paruh babak pertama tadi, walau setelah itu mereka berhasil memanfaatkan ruang kosong yang ditinggal lawan,” kata Alan.

“Dua gol di babak pertama membuktikan, pemain bisa terus tampil meyakinkan,” ujarnya menambahkan, seperti dikutip BolaSport.com dari laman PSSI.

Sementara itu, pelatih Pelauw Putra, Halid Latuamury menyatakan, timnya sudah melakukan yang terbaik saat bertanding melawan Persipura. ”Saya harus akui bahwa Persipura adalah tim kuat. Mereka tetap menerapkan taktik menyerang saat melawan kami,” kata Halid.

”Kami memang lengah di babak pertama, tetapi selepas jeda saya senang. Sebab, pemain lebih fokus dan bisa mengimbangi permainan lawan. Saya cukup puas.”

Hasil ini cukup membawa Persipura meraih tiket ke babak 32 Besar Piala Indonesia 2018. Persipura menyusul Bali United, Bhayangkara FC, Sriwijaya FC, 757 Kepri Jaya, Persija Jakarta, PS Tira, Mojokerto Putra, Cilegon United, Kalteng Putra, Semen Padang, dan Madura United.

Lalu ada Persib, PS Keluarga USU, Borneo FC, Persibat Batang, Persik Kendal, PSIS Semarang, dan Arema FC yang sudah terlebih dahulu lolos dari 64 besar. (BB-DIO)