BERITABETA.COM, Jakarta –  Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) menjadi pelatih pertama yang mengukir sejarah dengan sukses membawa Timnas Indonesia melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sepanjang sejarah sepak bola Indonesia, Garuda tidak pernah lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia dan selalu mentok di putaran kedua.

Selain sukses membawa Timnas Indonesia melaju ke putaran ketiga, STY juga mencetak sejarah baru dengan mengamankan tempat untuk tim asuhannya di putaran final Piala Asia 2027 tanpa jalur kualifikasi.

Tiket putaran ketiga didapat setelah Timnas Indonesia berhasil menggasak Filipina 2-0 dalam laga terakhir putaran kedua melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa, 11 Juni 2024.

Bermain di hadapan sekitar 70 ribu penonton, Timnas Indonesia tampil memukau. Sejak menit awal babak pertama, tim asuhan Shin Tae-yong terlihat terus menekan.

Sejumlah peluang tercipta, namun pertahanan Timnas Filipina mampu meredam serangan dari Thom Haye dkk.

Gol Indonesia baru tercipta pada menit ke-23, setelah Thom Haye melepaskan plessing cantiknya dari luar kotak penalti yang menembus gawang tim tamu Filipina.

Kegagalan demi kegagalan dalam membongkar pertahanan Filipina yang tampil super defensif, mampu dicairkan oleh gelandang 29 tahun berdarah Indonesia - Belanda itu.

Sepakan Thom Haye tak bisa dijangkau kiper Persib Bandung, Kevin Mendoza, yang dipercaya mengawal gawang Filipina di pertandingan ini.

Skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia pun bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Timnas Filipina tampil beda. Mereka tampil lebih lepas, dengan mampu menusuk pertahanan Timnas Indonesia.

Namun, Timnas Indonesia tak mau tertekan. Lewat tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On, Rizky Ridho berhasil menggandakan keunggulan Timnas Indonesia pada menit ke-56.