Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler secara resmi me-launching Klub Sepak Bola Jong Ambon FC di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (15/4/21).
Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler secara resmi me-launching Klub Sepak Bola Jong Ambon FC di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (15/4/21). (Foto : Istimewa)

BERITABETA.COM, Ambon – Kota Ambon kini memiliki club sepak bola baru yang diberinama Jong Ambon FC. Klub bola ini di-launching oleh Wakil Walikota (Wawali) Ambon Syarif Hadler di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (15/4/21).

"Untuk membangun industri sepak bola memang tidak gampang dan tidak semuda membalikkan telapak tangan, namun kita harus yakin dengan adanya pelatih yang baik akan lahir bakat-bakat anak kota Ambon yang bisa besar untuk dalam dunia sepak bola kedepan,” kata Wawali Ambon Syarif Hadler saat memberikan sambutan pada acara launching klub Jong Ambon FC.

Wawali juga memberikan apresiasi dengan berharap semoga sepak bola di Ambon bisa bangkit dari tidur yang panjang. Ia berharap, klub ini dapat mencari bakat pesepakbola yang nantinya bisa berlaga di event liga maupun masuk dalam kancah nasional.

Sementara itu, Ketua Klub Jong Ambon FC, Ronny Sapulette mengatakan, pemberian nama Jong Ambon terinspirasi dari kebangkitan pemuda di era pergerakan nasional.

Jong ambon dilahirkan sebelum sumpah pemuda, karena pergerakan ini menjadi panutan untuk semua pemuda.

“Untuk itu saya namakan Jong Ambon. Banyak juga anak-anak Maluku yang memiliki potensi besar di bidang sepak bola khususnya di Ambon,” tandasnya.

“Saya ingin melakukan hal ini karena dorongan bahwa banyak sekali potensi adik-adik kita yang suka sepak bola bahkan punya kemampuan yang luar biasa,”tambahnya.

Ronny berharap, keberadaan klub sepak bola ini dapat diterima  masyarakat dan pemerintah Kota Ambon untuk bersama-sama mendukungnya. Pihaknya juga memohon dukungan doa dari semua pihak dan masyarakat Kota Ambon khususnya, agar Jong Ambon FC bisa mengantikan PSA yang selama ini mati suri.

Ketua ASPROV PSSI Maluku, Sofyan Lestaluhu dalam kesempatan itu menjelaskan, saat ini PSSI sedang mendata ulang kelengkapan administrasi yang dimiliki oleh klub bola yang ada di kota Ambon,  karena hal itu sangat untuk sebuah club sepak bola profesional.

"Tujuannya agar klub sepak bola di Maluku dapat berlaga di kompetisi liga nasional,"tutupnya (BB-YP)