BERITABETA.COM - Selama ini publik dunia menganggap dua mega bintang sepak bola dunia Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah pemain sepak bola terkaya di dunia.

Ternyata, kata pepata ‘di atas lagit masih ada langit’ benar adanya. Pemain sepak bola terkaya dunia adalah seorang pemain sepak bola professional yang selama ini jarang diketahui publik. Messi dan Ronaldo memang memiliki kekayaan berlimpah namun, masih jauh dari pemain yang satu ini.

Dia adalah Faiq Jefri Bolkiah. Faiq Bolkiah adalah salah satu pesepak bola Brunei yang berkarier di Eropa. Dia bahkan tercatat pernah menimba ilmu di beberapa klub elite Inggris, seperti Arsenal, Chelsea, hingga Leicester City.

Ia memang bukan pesepak bola ternama seperti Messi dan Ronaldo, tapi dia bergelimang harta. Keponakan Sultan Brunei Darussalam itu ditaksir memiliki kekayaan hingga 20 miliar dollar (sekitar Rp288 triliun).

Kekayaan pesepak bola asal Brunei Darussalam ini puluhan kali lipat dari kekayaan yang dimiliki Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Lionel Messi, yang baru saja hengkang ke PSG itu diperkirakan memiliki harta senilai 600 juta dollar (sekitar Rp8,6 triliun).

Sedangkan Cristiano Ronaldo berada di urutan ke-3. Striker Juventus itu memiliki nominal kekayaan sebesar 447 juta dollar (Rp7,2 triliun).

Dilansir dari laman Sportskeeda, Sabtu (21/8/2021), pria kelahiran Los Angeles, California, Amerika Serikat, 9 Mei 1998 (umur 23) ini adalah anak dari,  Abdul Hakeem Jefri Bolkiah.

Ia merupakan salah satu Pangeran Brunei Darussalam. Harta kekayaannya disebut-sebut mencapai 20 miliar poundsterling, serta mempunyai koleksi 2.300 mobil, termasuk Bentleys, Ferraris, dan Rolls-Royces.

Faiq memperkuat tim muda Arsenal pada musim kompetisi 2013-2014, sedangkan Chelsea pada 2014-2015. Sebelum membela dua klub besar tersebut, Faiq juga tercatat pernah beberapa tahun tergabung di Southampton, tepatnya periode 2009-2013.

Bisa memperkuat klub-klub kasta nomor wahid Liga Inggris bukan disebabkan oleh latar belakang Faiq sebagai kerabat Raja Brunei.

Oleh sejumlah media, Faiq dinilai sebagai salah satu pemain muda berbakat dunia. Jika menilik aksi-aksi Faiq di lapangan, memang wajar jika sang pemain mendapatkan predikat tersebut.

Melimpahnya kekayaan Faiq bisa terlihat dari kemampuan finansial sang ayah, Jefri. Ayah Faiq dilaporkan menghabiskan sekitar 10 milliar poundsterling dalam 15 tahun sebagai kepala agensi investasi Brunei.