BERITABETA.COM - Pelatih Tim Indonesia U-23, Shin Tae-yong resmi memanggil satu pemain keturunan yang diproyeksikan tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 pada 27 dan 30 Oktober 2021.

Juru taktik asal Korea Selatan itu memanggil penyerang berdarah Indonesia-Liberia, Ronaldo Kwateh. Siapa sebenarnya Ronaldo Kwateh?

Dikutip dari bola.com, Ronaldo adalah pemain kelahiran 19 Oktober 2004. Ia merupakan anak laki-laki dari mantan penyerang PSIS Semarang, Roberto Saydee Kwateh (Liberia). Ibu dari Ronaldo warga negara Indonesia (WNI) bernama Citra Kusumawati.

Kiprah Ronaldo Kwateh mencuri perhatian ketika merumput bersama Persib Bandung U-16 pada 2019.

Dia bergabung dengan Maung Ngora setelah tampil apik pada kompetisi Elite Pro Academy U-16 yang diselenggarakan PSSI.

Penyerang muda Madura United, ini kerap disangka sebagai pemain asing. Namun ketika berbicara, Ronaldo memiliki logat Jawa yang medok karena lahir dan besar di Yogyakarta.

Memiliki darah sepak bola dari sang ayah, Ronaldo Kwateh sudah menyukai olahraga bal-balan sejak berusia empat tahun.

Dia pertama kali menimba ilmu sepak bola di SSB Selabora, berlanjut ke SSB Real Madrid, serta sejumlah sekolah sepak bola di Yogyakarta.

Hingga akhrinya, Ronaldo mendapat kesempatan untuk mengikuti akademi sepak bola Persib Bandung. Penampilan impresif Ronaldo Kwateh bersama Persib U-16 membuat Madura United kepincut.

Hingga akhirnya, Ronaldo direkrut Madura United pada Februari 2021. Ronaldo Kwateh menjadi pemain termuda yang direkrut klub asal pulau garam tersebut.

"Awal karier saya itu ketika masih berumur empat tahun dengan mengikuti SSB Selabora di Jogja. Setelah beberapa tahun akhirnya saya pindah ke SSB Real Madrid di Jogja, karena hasil seleksi saya lolos," jelas Ronaldo Kwateh di kanal YouTube KMavis TV seperti dikutip dari bola.com.

"Akhirnya saya bisa mengikuti akademi Persib di Cimahi karena tampil di sebuah turnamen di lembang, terus di ajak oleh pelatih akademi Persib untuk bergabung. Saya kemudian ikut elite pro Persib U-16, sampai akhirnya bisa bergabung dengan Madura United," lanjutnya.