BERITABETA, Ambon – Gebrakan baru dilakukan Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa bersama Wakapolda Brigjen Pol Akhmad Wiyagus. Kedua pimpinan Polda Maluku ini, telah mempelopori program sehari tanpa kendaraan bermotor (One Day No Vehicle) dengan mengayuh sepeda dari kediamannya di Tantui, Kecamatan Sirimau (Kota Ambon) menuju kantor Mapolda di kawasan Batumeja.

“Setiap hari Selasa nantinya jajaran Polda Maluku masuk kantor tidak menggunakan kendaraan bermotor, dan mereka hanya diperbolehkan naik angkutan umum, sepeda, bahkan berjalan kaki,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat di Ambon, Selasa (1/10/18)

Jarak yang ditempuh Kapolda bersama rombongan sekitar 3,8 kilo meter dari pukul 06.30 WIT ini melintasi kawasan jalan Jenderal Sudirman yang menanjak dan menurun hingga masuk jalan Rijali dan akhirnya masuk ke Markas Polda Maluku.

Kabid Humas mengatakan, program ini telah direncanakan saat Irjen Pol Royke Lumowa resmi dilantik Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian beberapa waktu lalu sebagai Kapolda Maluku.

“Program ini diharapkan dapat mengatasi masalah kemacetan dan mengurangi polusi udara serta meningkatkan kesehatan tubuh,” ujarnya.

Penetapan hari Selasa resmi dicanangkan setelah Kapolda bersama Wakapolda mengayuh sepeda dari kediamannya serta diikuti Irwasda Kombes Pol Purwolelono dan sejumlah pejabat utama polda.

Aksi bersepeda menggunakan seragam dinas lengkap itu menjadi sesuatu hal yang langka dan baru pertama kali terjadi di Maluku sehingga sempat menarik perhatian warga di Kota Ambon, khususnya sepanjang jalan yang dilintasi rombongan Kapolda Maluku.

“Jadi nantinya setiap hari Selasa kami tidak akan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat ke kantor,” jelas Kabid Humas.

Kapolda juga meminta jajarannya maupun seluruh lapisan masyarakat untuk tidak malu ke kantor tanpa menggunakan kendaraan dinas maupun pribadi.

“Kalau rumahnya dekat dengan kantor bisa berjalan kaki atau naik sepeda maupun becak dan kalau bagi mereka yang rumahnya jauh bisa menggunakan jasa angkutan umum,” katanya.

Program sehari tanpa kendaraan bermotor ini diharapkan dapat memotivasi seluruh elemen masyarakat sehingga terciptanya transportasi sehat merakyat.

“Selain dapat mengatasi kemacetan, program ini juga bagian dari cara hidup sehat, dimana polusi udara yang dihasilkan dari knalpot kendaraan berkurang, dan mengayuh sepeda atau berjalan kaki merupakan bagian dari olahraga,” tandas Kabid Humas.

Kapolda Maluku dan rombongan selain masuk kantor menggunakan sepeda pada pagi hari, selanjutnya mengjungui Kantor KPU Maluku pada pukul 14.00 WIT untuk bersilaturahim dengan para komisioner KPU setempat. (BB/ATN)