BERITABETA.COM – Yunani dilanda kebekaran hutan yang hebat dipicu oleh angina berkecepatan tinggi. Peristiwa ini membuat pemerintah melakukan evakuasi besar-besaran terhadap penduduk setempat termasuk anak-anak dan wanita dari desa dan resor di pulau Rhodes.

Departemen pemadam kebakaran negara itu mengatakan 19.000 orang, kebanyakan turis di hotel, telah dipindahkan akibat kobaran api terus menyebar tak terkendali di tiga front di pulau Aegean. Sekitar 16.000 dipindahkan melalui darat, sisanya melalui laut.

"Ini adalah operasi terbesar untuk mengangkut penduduk dan turis dengan aman yang pernah dilakukan di negara kami," kata juru bicara pemadam kebakaran Yunani, Ioannis Artopios, pada Minggu (23/7/2023), seperti dikutip The Guardian.

"Untungnya, tidak ada yang terluka di sini. Situasinya sangat memprihatinkan, bukan hanya karena aspek pariwisatanya, tetapi karena pulau tersebut telah terbakar... Itu sangat menyedihkan. Ini bukan tentang kehilangan pariwisata satu atau dua minggu; ini tentang dampaknya pada kehidupan orang-orang," kaya Viesi.

Api datang dalam jarak 20 meter dari hotel, tetapi pada Minggu api berhasil dipadamkan beberapa kilometer. Turis dievakuasi dengan bus pada Sabtu sekitar pukul 15:00 waktu setempat, tetapi tidak ada ruang di kendaraan untuk barang bawaan besar, sehingga banyak barang yang ditinggalkan di hotel.

Vietri dan staf kembali ke hotel pada Minggu untuk mencoba membawa barang bawaan ke pelanggan yang dievakuasi. Dia memiliki pengalaman evakuasi hotel setelah kebakaran sebelumnya di Rhodes pada 2008.

Akhir pekan Juli lalu menjadi suhu terpanas dalam 50 tahun di Yunani, di mana suhu diperkirakan mencapai 45 derajat Celcius (113 Fahrenheit). Kondisi panas, kering, berangin menjadi faktor pendorong kebakaran di seluruh negeri.

Puluhan kobaran api telah terjadi di seluruh Yunani sejak awal gelombang panas, dengan kobaran api baru di Evia, pulau terbesar kedua di negara itu, dan di Peloponnese pada Minggu.

Pertempuran untuk menahan api dengan cepat menjadi upaya internasional ketika pasukan pemadam kebakaran dari Republik Ceko, Prancis, dan Turki bergegas ke Rhodes. Paris dan Ankara mengirim pesawat pembuangan air untuk mendukung 49 truk pemadam kebakaran dan 266 petugas pemadam kebakaran.

Perekonomian Yunani sendiri sangat bergantung pada pariwisata, di mana ini menyumbang 25% dari PDB dan satu dari lima pekerjaan. Tahun lalu Rhodes, pulau terbesar keempat di Yunani yang berpenduduk lebih dari 100.000, menyambut sekitar 2,5 juta wisatawan (*)

Sumber : cnbcindonesia.com