BERITABETA.COM, Ambon - Rio Efruan, musisi asal Kota Ambon memiliki kesempatan berharga untuk mengajari puluhan anak di Jinju, Korea Selatan [Koresl] bermain  alat musik tradisional Ukulele dan Tifa. Rio Efruan berada di Korsel dikirim oleh Ambon Music Office (AMO).

“Jadi yang Rio ajarkan untuk anak-anak Korsel dan negara lainnya, adalah ukulele dan tifa,” kata Direktur AMO, Ronny Loppies, kepada tim Media Center, Rabu (12/10/22) di Ambon.

Kehadiran Efruan di Korsel, merupakan hasil kerja sama antara AMO dan Jinju Artis Residence (JAR) Korsel.

“Nantinya dia akan tampil pada sebuah acara di Jinju yang namanya Binnale Day : Experiencing Jinju World Folk Arts Biennale,” ungkapnya.

Dengan keberangkatan Efruan, untuk mengajarkan kedua instrument musik ini tentunya, dapat membuka jalan bagi proses kerja sama selanjutnya anatara AMO yang dalam hal ini mewakili Ambon City of Music, dengan Jinju sebagai kota kreatif bidang Crafts and Folk Art.

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu bulan ini akan menghadirkan salah satu group music etnik kota ini sebagai pengisi acara, dan juga dirinya, selaku pemateri di acara Etnik Resum Anual Meeting dengan materi yang dibawahkan, yakni “Cross Networking Crafts and Flok Arts”.

“Saya hadir sebagai pembicara itu di tanggal 18-22 Oktober 2022. Selain nantinya di Event Binnale Day, nantinya Rio dengan beberapa musisiakan menampilkan lantunan alat musuik tradisonal. Sedangkan group etnik yang juga dikirimkan dari Ambon akan menampilkan kemampuan bermusik mereka di panggung yang berbeda, namun pada event yang sama,” jelas Ronny.

Dirinya berharap dengan kehadiran musisi Ambon di Koresel, akan membawa kurikulum musik yang sementara ini diberlakukan di kota ini dapat menyentuh sampai ke tingkat nasional bahkan Internasional.

“Jika Tuhan berkenan, maka akan terjalin kerja sama lagi terkait kurikulum musik di Jinju, dan Rio sebagai pionirnya. Bukan tidak mungkin, kedepan guru-guru kita dari Ambon yang pergi dan mengajar musik tradisional di Jinju,” pungkas Loppies. (*)

Editor : Redaksi

Sumber : (MCAmbon)