BERITABETA.COM, Bula — Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja [Satpol PP] Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] Kasman Kelimagun secara resmi menjabat sebagai Pelaksana Tugas [Plt] Kepala Satpol PP SBT menggantikan Abdullah Rumain.

Pengangkatan Kasman ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan [SK] Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas oleh Sekretaris Daerah [Sekda] SBT Jafar Kwairumaratu di halaman Kantor Bupati SBT, Kamis pagi (13/10/2022).

Sekda SBT Jafar Kwairumaratu dalam arahannya mengintruksikan kepada Plt Kepala Satpol PP SBT Kasman Kelimagun agar dalam waktu dekat ini menarik semua anggota Satpol yang ditempatkan di kecamatan-kecamatan untuk berkumpul di Kota Bula.

Langkah ini dilakukan tambah Sekda untuk mengevaluasi secara menyeluruh bagi Satpol PP, mengingat jumlah anggota Satpol PP yang bertugas di ibukota kabupaten saat ini sangat sedikit.

"Saudara Plt saya intruksikan untuk semua [Satpol PP] di kecamatan itu dipanggil ke kabupaten dulu untuk kita bisa mengetahui berapa banyak sesuai dengan jumlah itu. Kemudian kita lakukan evaluasi-evaluasi, karena saya lihat Satpol PP di kabupaten sangat sedikit," ujar Jafar Kwairumaratu.

Kwairumaratu membeberkan, selama beberapa kali melakukan Kunjungan Kerja [Kunker] ke kecamatan-kecamatan, dia menemukan banyak anggota Satpol yang tidak menjalankan tugas secara baik.

Untuk itu, Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa [PMD] SBT ini meminta kepada Plt Kepala Satpol PP untuk kedepannya harus dilakukan peningkatan kapasitas bagi anggota Satpol PP di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu.

"Kedepan harus ada peningkatan kapasitas. Karena sesuai dengan rujukan undang-undang, bahwa Satpol PP ini juga harus diberikan pelatihan-pelatihan untuk peningkatan kapasitas dalam menjalankan tugas," pintanya.

Ia berharap, dengan ditunjuknya pucuk pimpinan baru pada Satpol PP SBT ini kedepannya ada perubahan-perubahan signifikan yang dilakukan, terutama dalam urusan pelayanan.

"Saya harap dengan kehadiran pak Kasman Kelimagun sebagai Plt, harus ada perubahan-perubahan disana [Satpol PP]. Karena yang paling utama adalah pelayanan," harapnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi